Sikap Badan Saat Melayang di Udara Dalam Lompat Jauh Gaya Menggantung



Bagikan:


Lompat jauh gaya menggantung [image by www.bukusekolah.org.]

Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga yang termasuk ke dalam olahraga atletik, olahraga ini masuk dalam kategori olahraga lompat, selain lompat jauh terdapat juga olahraga lainnya yaitu lompat tinggi dan lompat galah. Tujuan dari olahraga lompat jauh ialah setiap atlit berusaha untuk melompat sejauh-jauhnya dengan terlebih dahulu melakukan awalan berlari.


Dalam pelaksanaannya, olahraga ini dilakukan dengan empat tahap yaitu berlari, menolak atau menumpu, melayang diudara, dan pendaratan. Setiap langkah-langkah tersebut sangatlah penting dan dapat menentukan hasil akhirnya, salah satu langkah yang akan kita bahas ialah sikap badan saat melayang di udara.

Teknik melayang diudara dilakukan sesaat setelah kita selesai menlolak atau menumpu pada papan tumpuan, kemudian tubuh kita akan melayang sesaat hingga akhirnya mendarat diatas pasir. Sikap tubuh saat melayang diudara sangat ditentukan atau dipengaruhi oleh gaya yang kita ambil, salah satu gaya yang banyak digunakan ialah Gaya Menggantung (hang style).

Kenapa disebut gaya menggantung? karena saat melayang, sikap badan menunjukkan seperti sedang menggantung dengan tangan yang mengarah keatas seolah-olah memegang sesuatu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara atau sikap badan saat melayang diudara menggunakan gaya menggantung.

  • Pandangan ke arah pendaratan.
  • Kedua lengan mengarah ke atas.
  • Kedua kaki dalam sikap menggantung.

Walupun kelihatannya mudah, akan tetapi jika dipraktekkan akan terlihat sulit dan kita akan melakukan kkesalahan. Terdapat beberapa kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan lompat jauh gaya menggantung adalah sikap badan kaku, langkah kaki/footwork yang kurang pas, tergesagesa, melayang terlalu tinggi, gayanya tidak jelas, kaki/badan kurang rileks dan seimbang, dan tidak diikuti gerak lanjut.

Untuk mengurangi kesalahan yang dilakukan saat melakukan lompat jauh gaya menggantung pada saat melayang diudara, kita sebaiknya melakukan latihan secara terus menerus. Dengan melakukan latihan secara terus menerus akan membuat kita terbiasa dengaan gerakan lompat jauh gaya menggantung saat sedang melayang di udara.

Itulah penjelasan secara singkat mengenai bagaimana sikap badan saat melayang di udara dalam lompat jauh gaya menggantung, semoga penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai olahraga atletik serta nomor yang diperlombakannya yaitu lompat jauh.



Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Sikap Badan Saat Melayang di Udara Dalam Lompat Jauh Gaya Menggantung"

Posting Komentar