Pengertian dan Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting



Bagikan:


Gambar ilustrasi gerakan guling lenting

Olahraga senam merupakan salah satu olahraga yang sudah lama ada, olahraga ini dipercaya sudah ada dan berkembang pada permulaan abad ke 20 di Yunani. Pada perkembangannya, olahraga senam terbagi menjadi beberapa jenis dan salah satunya ialah senam lantai atau biasa juga disebut dengan floor exercise.


Senam lantai atau floor exercise merupakan senam yang dilakukan pada sebuah lantai tanpa menggunakan alat apa pun. Gerakan senam lantai memrupakan gabungan dari beberapa gerakan yang disatukan menurut keinginan pesenam sehingga menghasilkan sebuah gerakan yang sangat indah dan enak untuk dinikmati. Salah satu gerakan dalam senam lantai yaitu guling lenting.

Apa itu guling lenting? Gerakan guling lenting adalah gerak melecutkan kedua kaki ke depan atas setelah tengkuk menempel matras dengan sumber gerakan dari pinggang. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  • Posisi awal: posisi jongkok menghadap matras (arah gerakan), kedua telapak tangan di atas matras, pandangan ke depan.
  • Gerakan: angkat pinggul dan masukkan kepala di antara kedua lengan yang ditekuk keluar, saat tengkuk menempel matras, lecutkan kedua kaki ke depan hingga keduanya mendarat pada matras dengan ujung telapak kaki agak rapat,
  • Akhir gerakan berdiri dengan kedua kaki agak rapat, pinggang melenting ke belakang, kedua lengan lurus ke atas di samping telinga. Pandangan ke depan atas.

Saat pertama kali melakukan gerakan guling lenting ini sebaiknya teman-teman dibantu oleh seorang teman dan menggunakan matras sebagai alasnya agar potensi cedera dapat dikurangi. Jika sudah mahir dalam gerakan tersebut maka dapat dikombinasikan dengan gerakan lainnya, seperti gerakan meroda, gerakan loncat harimau, dan gerakan lainnya.

Sekian dahulu postingan kita kali ini yang membahas tentang pengertian dan cara melakukan gerakan guling lenting, semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita tentang olahraga senam khususnya senam lantai.





Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

2 Responses to "Pengertian dan Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting"