Cara Melakukan Start Pada Perlombaan Renang Gaya Dada



Bagikan:


Cara Melakukan Start Pada Perlombaan Renang Gaya Dada

Renang merupakan salah satu olahraga air yang paling banyak digemari oleh banyak orang, olahraga ini selain menyenangkan juga dapat membuat badan menjadi sehat dan bugar. Berenang dapat dilakukan dimana saja asal ada airnya, disungai, di danau, di laut, dan tentunya di kolam yang dikhususkan untuk berenang.


Renang sudah sejak lama diperlombakan dalam beberapa event olahraga internasional, regional, maupun lokal. Menurut wikipedia.com olahraga renang ini mulai diperlombakan dalam olimpiade pada tahun 1896 di Athena, pada awalnya perlombaan renang hanya menggunakan satu gaya saja yaitu gaya dada akan tetapi seiring perkembangan waktu muncullah gaya-gaya lainnya.

Salah satu nomor perlombaan yang biasanya diperlombakan pada olahraga renang yaitu renang gaya dada 100 m dan 200 m. Renang gaya dada ini sangat mengandalkan stamina tubuh khususnya tangan dan kaki, renang gaya dada juga sering disebut dengan renang gaya katak karena gaya berenangnya yang mirip dengan katak.

Sebelum terjun ke dalam kolam pada perlombaan renang gaya dada terlebih dahulu melakukan start, start pada renang gaya dada sama dengan start atau awalan pada renang gaya bebas yaitu sikap badan membungkuk dengan tangan lurus kebawah memegang pinggiran balok start. Kemudian salah satu kaki agak kebelakang dengan sedikit ditekuk sedangkan kaki lainnya maju sampai jari kaki menyentuh tangan.

Setelah itu akan ada aba-aba pertama yang memerintahkan siap-siap, pada aba-aba pertama tersebut para perenang bersiap dengan menekuk sedikit kedua kaki. Dan setelah aba-aba kedua semua perenang langsung terjun kedalam air dengan mengandalkan kaki untuk menolak atau melompat dengan cepat ke bawah kolam.

Sesaat setelah melakukan start dan tubuh berada dalam permukaan air, sikap badan lurus dengan kaki diluruskan kebelakang dan tangn lurus kedepan. Kemudian saat akan naik ke atas permukaan air tangan dilusruskan ke belakang dan setelah berada diatas air lalu tangan dan kaki bergerak menggunakan gaya dada atau katak.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Start Pada Perlombaan Renang Gaya Dada"

Posting Komentar