Cara Melakukan Start Renang Gaya Bebas



Bagikan:


Cara Melakukan Start Renang Gaya Bebas

Renang merupakan salah satu olahraga yang dilakukan didalam air, terdapat beberapa gaya yang diperlombakan dalam olahraga renang yaitu gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Gaya bebas merupakan gaya yang paling mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan banyak energi, tidak seperti gaya yang lainnya.


Dalam perlombaan renang gaya bebas dibedakan menjadi beberapa nomor yang dibedakan berdasarkan jarak tempuh, yaitu 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m (putri), 1500 m (putra). Untuk mendapatkan hasil yang baik dalam renang gaya bebas tentu setiap perenang perlu untuk menguasai teknik-teknik yang ada pada renang gaya dada. Salah satu teknik yang paling penting dalam perlombaan renang gaya bebas ialah teknik start.

Walaupun tidak begitu banyak pengaruhnya, akan tetapi dengan melakukan start yang baik maka seorang perenang bisa mendapatkan posisi terbaik saat jalannya perlombaan, itupun jika diikuti dengan teknik gerakan serta stamina tubuh yang baik. Tidak banyak yang mengetahui tentang teknik start dalam olahraga renang gaya bebas.

Pada perlombaan renang gaya bebas, sebelum meluncur ke dalam air seorang perenang harus melakukan start dipinggris kolam. Start pada renang gaya bebas dilakukan dengan pertama berdiri pada balok start yang ada dipinggir kolam.

Kemudian melakukan posisi tubuh membungkuk dengan tangan lurus memegang balok start. Sementara itu posisi kaki salah satunya agak kebelakng sebagai dan satunya agak kedapan menyentuh tangan.

Setelah ada aba-aba pertama, kaki sedikit ditekuk dan setelah aba-aba kedua berbunyi dengan cepat meluncur kedalam kolam dengan kedua kaki sebagai penolak dan tangan diluruskan kedepan. Pada saat didalam air tangan masih diluruskan dengan posisi kedua telapak tangan saling menyentuh membentuk mata tombak, sedangkan kaki digerakkan seperti ekor ikan saat berenang.

Setelah berada di permukaan maka langsung melakukan gerakan renang dengan gaya bebas. yaitu dengan melakukan Gerakan seperti mendayung yang terdiri atas gerakan tarikan (pull) dan gerakan dorongan (push).

Sedangkan gerakan kaki dengan menggerakkan kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian, seperti posisi orang yang sedang berjalan kaki. Namun, dalam hal ini posisi antara kaki dan paha adalah lurus, yang berarti lutut jangan sampai ditekuk.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan saat melakukan renang gaya bebas ini yaitu teknik pernafasan, Teknik pernapasan pada renang gaya bebas dilakukan dengan cara memutar leher ke kanan atau ke kiri dan bersamaan dengan itu tangan melakukan gerak tarikan. Atau ketika tangan melakukan gerak dorongan, mengambil udara melalui mulut saat di atas permukaan air.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Start Renang Gaya Bebas"

Posting Komentar