Teknik Pengambilan Nafas Dalam Renang Gaya Dada



Bagikan:


Renang Gaya Dada [Image by www.suaramerdeka.com]

Dalam renang gaya dada, saat bernapas banyak menentukan koordinasi gerak lengan dan kaki. Satu napas diambil pada pertengahan setiap kayuhan. Gerakan lengan pada akhir gerakan (ketika ditarik ke sisi) dengan sendirinya akan mengangkat kepala keluar dari air, pada saat itulah perenang harus mengambil napas.

  1. Pada saat kedua tangan mengapit kedua siku di depan dada, leher dan bahu diangkat untuk menarik napas.
  2. Kedua tangan diluruskan sambil mendorong bahu.
  3. Kepala dimasukkan ke dalam air untuk mengeluarkan napas.

Pengambilan napas dalam renang gaya dada dilakukan bersamaan dengan gerakan lengan. Pengambilan napas dilakukan pada saat mengangkat kepala keluar dari permukaan air, sedangkan untuk mengeluarkan napas dilakukan ketika kepala masuk ke dalam air.

Dengan demikian, pada akhir gerakan menarik oleh kedua tangan, kepala diangkat sampai mulut berada di atas permukaan air untuk segera mengambil napas. Sementara itu, ketika kedua tangan diluruskan kembali, kepala masuk kembali ke dalam air dan pada saat itu mengeluarkan napas. Pengambilan napas renang gaya dada dilakukan melalui mulut atau mulut dan hidung.




Sumber Pustaka :
  • BSE (Buku Sekolah Elektronik) Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan / disusun oleh Tarmudi B Hafid; Ahmad Rithaudin. -- Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.
  • BSE (Buku Sekolah Elektronik) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Daru, Tito.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Pengambilan Nafas Dalam Renang Gaya Dada"

Posting Komentar