Taktik Penyerangan Dalam Permainan Sepakbola



Bagikan:


gambar Gambar ilustrasi sepakbola [source image by www.cahayapapua.com]

Taktik merupakan salah satu faktor penting yang harus dipahami oleh para pemain dalam tim. Faktor tersebut menekankan adanya kerja sama tim melalui formasi bermain. Formasi bermain berhubungan dengan posisi yang sesuai dengan keterampilan yang dimiliki oleh setiap pemain dalam satu tim.


Oleh karena itu, setiap pemain harus mencari dan menemukan posisi bermain yang terbaik untuk dirinya dan timnya, tanpa terlepas dari pantauan pelatih yang bersangkutan. Akan tetapi, dalam sepak bola modern saat ini para pemain dituntut untuk menguasai lebih dari satu posisi bermain.

Pada permainan sepak bola, pendekatan konstruktif dan kecerdikan para pemain lebih ditekankan. Tujuan pokok dari permainan sepak bola yaitu mencetak gol ke gawang lawan sebanyak-banyaknya. Namun, ada hal-hal lain yang harus tetap diperhatikan dalam melakukan penyerangan ke pihak lawan.

Pola penyerangan dapat dilakukan oleh suatu tim apabila para pemain dapat mengendalikan permainan di lapangan. Pola penyerangan yang baik dapat menentukan keberhasilan tim. Dalam menyusun pola penyerangan harus memerhatikan hal-hal sebagai berikut.

  • Pengatur serangan
  • Pembantu serangan
  • Penembak utama untuk mencetak gol
  • Peran pemancing lawan yang bertahan agar teman satu tim dapat menerobos daerah pertahanan

Untuk memantapkan kerja sama tim dalam penyerangan, perlu dilakukan latihan bersama sehingga tercipta pola penyerangan yang baik. Latihan dasar yang sederhana untuk penyerangan yaitu menggiring bola, menendang bola, menghentikan bola, dan melakukan tembakan ke gawang lawan.

Untuk menghasilkan serangan yang baik, pola penyerangan yang digunakan harus dibuat sedemikian rupa dengan kombinasi serangan yang bervariasi sehingga lawan kebingungan. Selain itu, penyerang harus mencari titik kelemahan lawan.

Sumber pustaka : Arena Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan /Hilman Nurhuda, Mia Kusumawati; editor, Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.— Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Taktik Penyerangan Dalam Permainan Sepakbola"

Posting Komentar