Ukuran Lapangan dan Peralatan Lempar Cakram



Bagikan:


Gambar lapangan lempar cakram

Olahraga atletik terdiri atas cabang olahraga lempar, lompat, dan lari. Cabang olahraga lempar terdiri atas lempar lembing, lempar cakram, dan lempar martil. Pada pembahasan materi kali ini yaitu tentang lempar cakram. Sebelum kita mempelajari lebih jauh tentang lempar cakram, lebih dahulu kita harus mengetahui bentuk dan ukurannya serta alat-alat yang dipergunakan untuk lempar cakram.


Lapangan dan peralatan lempar cakram

Lapangan lempar cakram berbentuk lingkaran (tempat atlet untuk melempar) dan dari titik tengah lingkaran ditarik dua garis keluar ke arah depan membentuk sudut 40 derajat. Berikut ukuran lapangan lempar cakram Garis tengah lapangan 2,5 m; Perpanjangan garis tengah 0,75 m; Sudut lempar 40 derajat dan Garis batas lempar (lebar garis 5 cm).

Alat-alat yang diperlukan pada olahraga lempar cakram antara lain cakram yang dibuat dari baja putih atau kret mengingat kedua bahan tersebut lebih kuat dan tahan lama, tidak mudah rusak, sedangkan untuk pertandingan harus seperti yang tertulis dalam peraturan. Sedangkan berat cakram untuk putri minimum 1 kg, bagi putra berukuran 2 kg.

Cara memegang cakram

Bagi atlet yang jari-jarinya cukup panjang dan besar cakram dapat diletakkan pada ruas jari paling ujung, jari-jari tangan terbuka dengan jarak yang hampir sama, kecuali ibu jari. Cakram melekat pada telapak tangan, pada titik berat dari cakram atau sedikit di belakangnya. Bagi siswa yang jari-jarinya tidak perlu panjang, maka telapak tangan tidak menyentuh pada dinding cakram.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Faridha Isnaini, Suranto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Ukuran Lapangan dan Peralatan Lempar Cakram"

Posting Komentar