Pengertian Senam Lantai



Bagikan:


Senam lantai [image by kasurbusalipatmurah.com]

Istilah lantai merupakan salah satu alat yang digunakan dalam senam. Jadi senam lantai bisa diartikan dengan senam yang gerakannya dilakukan pada lantai. Lantai dalam pertandingan senam lantai berukuran 12x12 meter, dan dilapisi karpet kenyal setebal kira-kira 0,045 meter.


Senam lantai memiliki jenis-jenis gerak dasar yang cukup banyak, diantaranya adalah salto dan handstand. Jangan ragu-ragu dalam melakukan gerakan-gerakan ini. Sikap percaya diri dan yakin bahwa kalian dapat melakukannya menjadi salah satu kunci keberhasilan.

Salto adalah gerakan atau bentuk latihan berupa gerakan berguling di udara. Salto dapat dilakukan ke depan ataupun ke belakang. Uraian berikut ini menjelaskan gerakan salto ke depan. Handstand merupakan sikap berdiri dengan kedua tangan, berarti kedua belah telapak tangan bertindak sebagai tumpuan.

Beberapa gerakan yang dilakukan dalam handstand yaitu mengayunkan kaki, melompat, mengangkat, dan mendorong. Keseimbangan dan kekuatan sangat diperlukan dalam melakukan handstand.

Daftar pustaka : Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Pengertian Senam Lantai"

Posting Komentar