Macam Macam Sistem Senam



Bagikan:


Atlit senam lantai [image by pinterest.com]

Menurut perkembangannya senam dapat dikelompokkan menjadi 4 macam, yaitu : Sistem Senam Swedia, Sistem Senam Australia, Sistem Senam German, dan Sistem Senam Denmark. berikut ini akan kami uraikan satu-persatu keempat sistem senam tersebut.


1. Sitem Jerman

Sistem Jerman lebih menekankan pada gerakan senam pretasi. Bentuk latihannya meliputi : Latihan bebas (latihan di tempat/berjalan di tempat), Latihan dengan menggunakan alat), dan Latihan yang bersifat permainan.

2. Sistem Swedia

Sistem Senam Swedia latihannya lebih menekankan pada unsur fisiologi dan anatomis yang bertujuan mencapai nilai kesehatan. Sistem senam ini memiliki 4 jenis, yaitu : Senam Militer, Senam Sekolah, Senam Medis, dan Senam Keindahan. Metode sehari-hari dalam melaksanakan senam sistem Sedia adalah :

  • Latihan pendahuluan yang meliputi : menarik perhatian, dan latihan bebas yang ringan.
  • Latihan inti sistematika latihannya meliputi : membusur yang ringan, menggantung, keseimbangan (balance), latihan kaki, lengan dan tubuh yang lebih berat, berbaris dan berlari disusul dengan latihan pernapasan, latihan-latihan ke samping, latihan menggantung, dan meloncat.
3. Sistem Senam Australia

Sistem senam Australia ini lebih menekankan pada unsur pedagogik, psikologis, biologis, dan prestasi. Tujuannya untuk kesehatan dan kekuatan badan. Sistematika atau urutan latihannya adalah sebagai berikut, yaitu : Normalisasi, Pembentukan, Prestasi, dan Seni Gerak.

4. Sistem Senam Denmark

Sistem senam denmark lebih menekankan pada laihan anatomis, fisiologis, dan dinamis. Sistematika latihannya meliputi : Latihan persiapan, Latihan Ketangkasan, dan Latihan Penenangan.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Macam Macam Sistem Senam"

Posting Komentar