Gerakan Dalam Senam Aerobik Moderate Impact



Bagikan:


Senam aerobik [image by merdeka.com]

Menurut Maria Dinata (2007) senam aerobik adalah serangkaian gerak yang dipilih secara sengaja dengan cara mengikuti irama musik yang dipilih sehingga melahirkan ketentuan ritmis, kontinuitas, dan jangka waktu tertentu. Senam ini merupakan gabungan antara rangkaian gerak dan music yang sengaja dibuat sehingga timbul keselarasan antara gerak dan musik untuk mencapai tujuan tertentu.


Pada senam aerobik moderate impact, posisi salah satu kaki selalu berada di lantai dimana tumit terangkat, namun jari kaki tetap berada di lantai setiap saat. Berikut ini beberapa contoh gerakan dalam senam moderate impact.

  1. Kaki menekan ke atas Gerakan dimulai dengan menempatkan seluruh jari dan telapak kaki di lantai, dilanjutkan dengan berdiri dengan bertumpu pada ujung jari kaki. Teruskan dengan menekuk lutut sedikit sambil menempatkan tumit kembali ke lantai.
  2. Melompat Gerakan dilakukan dengan menggelindingkan telapak kaki dengan urutan gerak dimulai dari ibu jari → pusat → tumit. Demikian pula sebaliknya.
  3. Twist Mulailah gerakan dengan menempatkan jari-jari kaki di atas lantai, lalu tumit diangkat sehingga posisi berdiri dengan bertumpu pada ujung jari. Lanjutkan dengan menggerakkan pinggul ke arah samping kanan-kiri, dan sebaliknya.
Daftar Pustaka : Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Gerakan Dalam Senam Aerobik Moderate Impact"

Posting Komentar