Contoh Latihan Daya Tahan Tubuh



Bagikan:


Latihan daya tahan tubuh [image by canva.com] - 
Mempunyai daya tahan tubuh yang baik akan mempengaruhi aktifitas kita sehari-hari, dengan daya tahan tubuh yang baik maka kita tidak akan cepat lelah dalam melakukan perkerjaan, apa lagi jika pekerjaan tersebut mememrlukan banyak sekali tenaga. Untuk menjaga agar daya tubuh kita tetap terjaga maka harus melakukan latihan secara rutin setiap hari. Apa saja contoh latihan daya tahan tubuh? berikut ini penjelasannya.

Daya tahan (endurance) adalah melakukan gerakan berulangulang dalam tempo yang cukup lama. Latihan daya tahan sangat baik untuk memperbaiki dan berpengaruh pada sistem cardiovascular yang meliputi jantung, paru-paru, dan peredaran darah.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai peningkatan kebugaran dan kesehatan tubuh dibawah ini:
Latihan akan bermanfaat apabila dilaksanakan dengan baik dan benar sehingga ada pengaruhnya terhadap perkembangan kesegaran jasmani. Adapun bentuk-bentuk latihan daya tahan di antaranya loncat tali (skipping), naik turun tangga, dan lari 2,4 km.

Setiap latihan daya tahan mempunyai sasaran tersendiri. Misalnya, latihan yang bersifat aerobik seperti lari dan bersepeda jarak jauh berfungsi untuk melatih daya tahan jantung dan paru-paru, sedangkan latihan yang berfungsi melatih daya tahan otot adalah gerakan-gerakan yang difokuskan pada sebuah otot dan dilakukan dalam waktu yang lama secara berulang-ulang. Misalnya, latihan angkat beban untuk melatih daya tahan otot bisep.

Itulah beberapa contoh latihan daya tahan tubuh, seperti yang telah diterangkan diatas bahwa banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan saat melakukan latihan daya tahan tubuh. Manfaatnya seperti dapat menyehatkan jantung, paru-paru, peredaran darah, serta kita juga akan mendapatkan bentuk tubuh yang bagus.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan / disusun oleh Tarmudi B Hafid ; Ahmad Rithaudin. --Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Contoh Latihan Daya Tahan Tubuh"

Posting Komentar