Bentuk Latihan Kekuatan Dengan Menggunakan Beban Luar (Weight Training)



Bagikan:


Bentuk latihan kekuatan [image by euprecisoemagrecer.com] - 
Selain latihan dengan menggunakan berat badan sendiri, latihan kekuatan dapat juga dilakukan dengan menggunakan beban luar atau dengan menggunakan alat biasanya alat tersebut adalah barbel. Latihan kekuatan dengan menggunakan beban luar ini biasanya diistilahkan dengan weight training, weight trining ini banyak dilakukan oleh orang ditempat-tempat kebugaran.

Seperti yang singgung sebelumnya bahwa alat yang digunakan untuk latihan weight training ini biasanya menggunakan barbel dengan berat tertentu yang disesuaikan dengan kemampuan kita. Jika tidak mempunyai barbel, kita juga dapat menggunakan barbel yang dibuat dari beton, asal beratnya sama antara kedua beton tersebut.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai peningkatan kebugaran dan kesehatan tubuh dibawah ini:
Terdapat beberapa bentuk latihan yang dapat kita lakukan dengan menggunakan barbel untuk melatih kekuatan kita. Berikut ini beberapa latihan kekuatan dengan menggunakan beban luar atau weight training, yaitu sebagai berikut.

Shoulder press

Shoulder press untuk melatih kekuatan otot lengan dan bahu. Caranya siapkan barbel dengan berat sesuai kemampuan, angkat barbel dengan kedua tangan ke atas sampai dengan kedua lengan lurus, kemudian turunkan sampai di depan dada. Ulangi gerakan tersebut sesuai kemampuan dengan beban latihan semakin meningkat.

Leg squat

Leg squat untuk melatih kekuatan otot tungkai. Caranya siapkan barbel dengan berat sesuai kemampuan, angkat barbel dengan kedua tangan dan diletakkan di punggung di bawah leher, tekuk lutut setengah jongkok, kemudian luruskan lutut. Gerakan itu dilakukan berulang-ulang sesuai dengan kemampuan, dengan beban makin lama makin meningkat.

Back extension

Back extension untuk melatih kekuatan otot punggung. Caranya siapkan barbel dengan berat sesuai kemampuan, angkat dengan dua tangan dengan posisi badan berdiri tegak. Kemudian bungkukkan badan hingga membentuk sudut 90o, kemudian berdiri tegak lagi. Lakukan gerakan itu berulang-ulang sesuai kemampuan, beban latihan semakin lama semakin meningkat.

Itulah beberapa bentuk latihan kekuatan dengan menggunakan beban luar atau weight training, sebenarnya masih banyak lagi bentuk latihan weight training ini yang bertujuan untuk melatih kekuatan. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang sedang mencari bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan. Salam sehat.




Sumber : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Faridha Isnaini, Sri Santoso Sabarini; ilustrator, Ady Wahyono.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Bentuk Latihan Kekuatan Dengan Menggunakan Beban Luar (Weight Training)"

Posting Komentar