Syarat Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) Dalam Sebuah Pertandingan Sepak Bola



Bagikan:


Beberapa tahun belakangan ini, jagad sepak bola diramaikan dengan perdebatan mengenai Video Assistant Referee (VAR) dalam sebuah pertandingan sepak bola. Ada yang mendukung dan ada pula yang menentang keberadaan VAR ini, lalu apa kira-kira syarat untuk menggunakan VAR dalam sebuah pertandingan.


Selain menyediakan teknologinya yaitu VAR, pihak panitia pertandingan juga perlu mempersiapkan tempatnya. Dalam pertandingan yang menggunakan VAR harus ada ruang operasi video atau Video Operation Room (VOR) dan setidaknya satu area ulasan wasit atau Referee review area (RRA).

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini:

Ruang Operasi Video atau Video Operation Room (VOR)

Video Operation Room [image by sportsnet.ca], 

VOR adalah tempat video assistant referee (VAR), assistant VAR (AVAR) dan replay operator (RO) bekerja; lokasinya mungkin di stadion atau dekat dengan stadion atau lebih jauh. Hanya orang yang berwenang yang diizinkan memasuki VOR atau berkomunikasi dengan VAR, AVAR, dan RO selama pertandingan. Seorang pemain, pemain pengganti atau pemain pengganti yang memasuki VOR akan dikirim; Sebuah ofisial tim yang memasuki VOR akan diberhentikan dari bidang teknis.

Referee Review Area (RRA) atau Area Ulasan Wasit

Referee Review Area (RRA) [image by theaustralian.com.au], 

Dalam pertandingan yang menggunakan VAR harus ada setidaknya satu RRA di mana wasit melakukan review tinjauan lapangan atau ‘on-field review’ (OFR). RRA harus:

  • di lokasi yang terlihat di luar bidang permainan
  • ditandai dengan jelas

Seorang pemain, pemain pengganti atau pemain pengganti yang memasuki RRA akan diperingatkan; seorang petugas tim yang memasuki RRA akan secara terbuka diberi peringatan resmi (atau memperingatkan di mana YC digunakan untuk ofisial tim).



Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Syarat Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) Dalam Sebuah Pertandingan Sepak Bola"

Posting Komentar