Peraturan Mengenai Ukuran Bola, Berat Bola, Serta Penggantian Bola Rusak Dalam Permainan Sepak Bola



Bagikan:


Gambar bola [image by football-tribe.com], 

Dalam postingan ini akan dijelaskan mengenai Bola yang digunakan dalam permainan sepak bola, mulai dari syarat-syarat bola yang digunakan termasuk berat serta ukuran, tanda atau logo yang terdapat pada bola, sampai dengan penggantian bola yang rusak.


Semua bola yang digunakan dalam permainan Sepak Bola harus:
  1. berbentuk bola
  2. terbuat dari bahan yang cocok
  3. lingkar antara 70cm (28ins) dan 68cm (27ins)
  4. beratnya antara 450g (16oz) dan 410g (14oz) pada awal pertandingan dari tekanan yang setara dengan 0,6–1,1 atmosfer (600-1.100g / cm2) di permukaan laut (8,5 lbs / sq in – 15,6 lbs / sq in)

Semua bola yang digunakan dalam pertandingan dimainkan dalam kompetisi resmi yang diselenggarakan di bawah naungan FIFA atau konfederasi harus menanggung salah satu dari yang berikut:

Setiap tanda menunjukkan bahwa bola itu telah diuji secara resmi dan memenuhi spesifik persyaratan teknis untuk merek yang ditambahkan ke minimum spesifikasi yang ditentukan dan harus disetujui oleh IFAB.

Lembaga yang melakukan tes tunduk pada persetujuan FIFA. Di mana menggunakan teknologi garis gawang (GLT), bola dengan teknologi terintegrasi harus membawa salah satu dari tanda kualitas yang tercantum di atas. Kompetisi asosiasi sepakbola nasional mungkin membutuhkan penggunaan salah satu dari tanda-tanda ini.

Dalam pertandingan yang dimainkan dalam kompetisi resmi yang diselenggarakan di bawah naungan FIFA, konfederasi atau asosiasi sepak bola nasional, tidak ada bentuk komersial iklan diizinkan pada bola, kecuali untuk logo / lambang kompetisi, penyelenggara kompetisi dan pabrikan resmi merek dagang. Peraturan kompetisi dapat membatasi ukuran dan jumlah tanda seperti itu.

Jika bola menjadi rusak:
  1. permainan dihentikan; dan
  2. memulai kembali dengan menjatuhkan bola pengganti di mana bola asli menjadi cacat.

Jika bola menjadi cacat pada kick-off, tendangan gawang, tendangan sudut, tendangan bebas, tendangan penalti atau lemparan ke dalam restart diambil kembali. Jika bola menjadi rusak saat tendangan penalti atau tendangan dari penalti tandai saat bergerak maju dan sebelum menyentuh pemain, mistar gawang atau tiang gawang maka tendangan penalti tersebut diulang.

Bola tidak dapat diubah selama pertandingan tanpa izin wasit. Bola tambahan yang memenuhi persyaratan dapat ditempatkan di sekitar bidang permainan dan penggunaannya berada di bawah kendali wasit.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Peraturan Mengenai Ukuran Bola, Berat Bola, Serta Penggantian Bola Rusak Dalam Permainan Sepak Bola"

Posting Komentar