Peralatan yang Digunakan Wasit Dalam Pertandingan Sepak Bola



Bagikan:


Gambar wasit sepak bola [image by merdeka.com], 

Dalam sebuah pertandingan Sepak Bola terdapat wasit yang bertugas untuk menjaga alur permainan agar berjalan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku dalam permainan Sepak Bola. Terdapat seorang wasit yang berada dilapangan, dan dibantu oleh dua wasit atau hakim garis, serta satu wasit cadangan.


Akan tetapi terdapat dua wasit tambahan yang ditempatkan pada kedua gawang, wasit ini dikenal dengan wasit gawang (tidak semua pertandingan menggunakan wasit gawang). Sehingga jumlah wasit dalam sebuah pertandingan sepak bola berjumlah 5 orang ditambah 1 wasit cadangan.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini:
Seorang wasit perlu atau wajib untuk menggunakan peralatan-peralatan yang wajib diperlukan untuk memimpin sebuah pertandingan sepak bola, diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Peluit yang diikat di pergelangan tangan, untuk memulai dan menghentikan pertandingan, baik sementara yaitu ketika terjadi pelanggaran, atau ketika memulai pertandingan, serta pada akhir pertandingan babak pertama dan kedua.
  2. Jam wasit, stopwatch untuk mengetahui lamanya pertandingan berlangsung serta penentuan waktu tambahan.
  3. Kartu merah dan kartu kuning, sebagai konsekuensi pelanggaran yang dilakukan pemain terhadap pemain lawan. Kartu kuning sebagai peringatan, sedangkan kartu merah untuk mengusir atau mengeluarkan pemain dari lapangan.
  4. Notes (buku kecil) dan alat tulis untuk mencatat pemain-pemain yang melakukan pelanggaran serta gol yang terjadi.
  5. Uang logam untuk undian. Biasanya masing-masing kapten tim memilih salah satu sisi mata uang. Yang memenangkan undian berhak untuk memilih sisi lapangan sebagai daerah pertandingannya atau sebagai pemegang bola pertama untuk memulai kick off.
  6. Papan Pergantian Pemain, digunakan oleh wasit cadangan untuk menginformasikan pemain yang akan keluar dan akan masuk.
  7. Bendera, digunakan oleh wasit atau hakim garis untuk memberikan tanda kepada wasit utama apakah bola sudah keluar, terdapat pelanggaran didekatnya, tendnangan sudut, dan saat bola masuk ke gawang
Wasit diizinkan juga untuk menggunakan beberapa peralatan tambahan dalam pertandingan sepak bola, diantaranya.
  1. Peralatan untuk berkomunikasi dengan pejabat pertandingan lainnya seperti Handsfree, yang digunakan sebagai alat komunikasi antara wasit dalam lapangan, hakim atau wasit garis, dan wasit cadangan jika terjadi pelanggaran yang tidak dilihat oleh wasit utama.
  2. Vanishing Spray, salah satu alat yang belum semua wasit menggunakannya akan tetapi sudah merupakan perlengkapan yang wajib pada saat pertandingan-pertandingan Internasional. Alat ini digunakan untuk menandai tempat bola pada saat tendangan bebas serta pagar hidup dari pemain lawan.
Wasit dan ofisial pertandingan resmi 'dilarang' mengenakan perhiasan atau peralatan elektronik lainnya, termasuk kamera.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Peralatan yang Digunakan Wasit Dalam Pertandingan Sepak Bola"

Posting Komentar