Apa Itu Video Assistant Referee (VAR)



Bagikan:


Pernahkah anda mendengar Video Assistant Referee atau biasa disingkat VAR, atau dalam bahasa Indonesianya disebut asisten wasit video? Beberapa tahun terakhir VAR menjadi perbincangan banyak orang, apa lagi semenjak teknologi ini digunakan pada Piala Dunia 2018 Rusia.


Banyak kontroversi pro dan kontra dengan digunakannya teknologi ini dalam pertandingan Sepak Bola, ada yang merasa tidak nyaman dengan teknologi ini dan ada pula yang menyukai teknologi ini karna dapat mengubah keputusan wasit yang keliru. Sebenarnya, apa itu Video Assistant Referee (VAR)?

Video asisten wasit (VAR) adalah ofisial pertandingan yang mungkin membantu wasit membuat keputusan dengan menggunakan rekaman replay hanya untuk 'kesalahan yang jelas dan jelas' atau ‘Insiden serius’ yang terkait dengan gol / tidak ada gol, penalti / tidak ada penalti, langsung kartu merah (bukan peringatan kedua) atau kasus identitas yang keliru ketika wasit memperingatkan atau mengirim pemain yang salah dari tim yang menyinggung.

VAR/AVAR [Image by proreferees.com], 
Asisten Video Assistant Referee (AVAR) adalah petugas pertandingan yang membantu VAR terutama untuk:
  1. menonton rekaman televisi saat VAR sibuk dengan 'cek' atau ‘ulasan’
  2. menyimpan catatan insiden terkait VAR dan komunikasi apa pun atau masalah teknologi
  3. membantu komunikasi VAR dengan wasit, khususnya berkomunikasi dengan wasit ketika VAR melakukan 'cek' /‘Tinjau’ mis. untuk memberi tahu wasit untuk 'berhenti bermain' atau 'menunda mulai ulang' dll.
  4. merekam waktu ‘hilang’ saat pemutaran ditunda karena ‘periksa’ atau ‘ulasan’
  5. mengkomunikasikan informasi tentang keputusan terkait VAR ke pihak terkait

Asisten Video Assistant Referee (AVAR) berada di tempat khusus yang disebu dengan Ruang Operasi Video atau Video Operation Room (VOR), dalam pertandingan yang menggunakan VAR harus ada ruang operasi video (VOR).

Selain terdapat VAR dan AVAR, pada VOR juga tedapat operator ulangan atau replay operator (RO). Video Operation Room (VOR) ini terletak di dekat dengan stadion atau di tempat yang lebih jauh lokasi.

Hanya orang yang berwenang yang diizinkan memasuki VOR atau berkomunikasi dengan VAR, AVAR, dan RO selama pertandingan. Seorang pemain, pemain pengganti atau pemain pengganti yang memasuki VOR akan dikirim; Sebuah ofisial tim yang memasuki VOR akan diberhentikan dari bidang teknis


RRA [Image by dailysabah.com], 

Selain Ruang Operasi Video atau Video Operation Room (VOR), dalam sebuah pertandingan yang menggunakan teknologi VAR wajib pula menyediakan satu area ulasan wasit atau Referee review area (RRA) di mana wasit melakukan review tinjauan lapangan atau ‘on-field review’ (OFR).

Referee review area (RRA) harus berada di lokasi yang terlihat di luar bidang permainan (biasanya disisi lapangan), dan ditandai dengan jelas. Seorang pemain, pemain pengganti atau pemain pengganti yang memasuki RRA akan diperingatkan; seorang petugas tim yang memasuki RRA akan secara terbuka diberi peringatan resmi.




Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Apa Itu Video Assistant Referee (VAR)"

Posting Komentar