Teknik Dasar Tolakan Dalam Lompat Jangkit



Bagikan:


Teknik tolakan lompat jangkit [image by asiangames2018.id], 

Seperti yang telah kita ketahui bahwa lompat jangkit dan lompat jauh mempunyai teknik dan cara yang hampir sama, yang sama dari kedua olahraga tersebut ialah pada awalan dan akhiran. Sementara pada teknik menolak kedua olahraga ini mempunyai perbedaan.


Perbedaannya terletak pada jika dalam lompat jauh, tolakan dilakukan satu kali yaitu pada saat akan melompat ke dalam bak pendaratan. Sedangkan pada lompat jangkit, atlit melakukan tiga kali tolakan, yaitu Tolakan sebelum berjingkat, Tolakan sebelum melangkah, dan Tolakan sebelum melompat.

  • Pilihlah kaki terkuat untuk bertolak, lalu mendarat dengan aktif dan siap melakukan dorongan kaki ke depan. Ayunkan paha kaki yang satunya ke posisi horizontal.
  • Lakukan tolakan ke depan dan ke atas.
  • Tariklah kaki yang bertolak ke arah depan - atas, sedangkan kaki satunya ditarik ke arah bawah - belakang (gerakan jingkat).
2. Tolakan sebelum melangkah
  • Lakukan tolakan dengan cepat dengan salah satu kaki, dimana posisi mata kaki, sendi lutut dan pinggang diluruskan. Paha kaki satunya diayunkan ke posisi horizontal.
  • Gerak langkah akan diikuti oleh gerak lompat. Oleh karena itu, posisi bertolak ketika gerak langkah dipertahankan untuk selanjutnya melakukan lompat. Caranya, luruskan kaki yang tidak untuk bertolak ke arah depan dan bawah.
3. Tolakan sebelum melompat
  • Lakukan tolakan dengan cepat, paha kaki yang tidak untuk bertolak diayunkan ke posisi horizontal.
  • Ketika fase melayang melibatkan teknik menggantung atau teknik melangkah. Ini untuk lompat yang jauh.
  • Tariklah posisi badan ke arah depan - bawah sebagai persiapan mendarat, tariklah lengan ke depan.

Teknik dasar tolakan tidak kalah pentingnya dari teknik awalan berlari yang telah kita bahas pada postingan sebelumnya, untuk melakukan ketiga tolakan dalam lompat jangkit atlit harus mempunyai kaki yang kuat dan dijaga agar tidak mengurangi kecepatan gerak kedepan agar pada saat melompat ke bak pendaratan bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Sumber referensi: Penjasorkes Untuk SMA/MA kelas XII/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Dasar Tolakan Dalam Lompat Jangkit"

Posting Komentar