Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting Dengan Tumpuan Tangan dan Tanpa Tangan | EdukasiCenter



Bagikan:


Gambar ilustrasi gerakan guling lenting, 

Senam merupakan salah satu olahraga yang mengutamakan keindahan gerakannya, gerakan yang indah pada olahraga senam merupakan rangkaian dari beberapa gerakan dasar yang digabungkan sehingga menjadi sebuah rangkaian gerakan.


Salah satu gerakan dalam senam lantai yang biasa dilakukan oleh pesenam ialah gerakan guling lenting, gerakan guling lenting ini juga biasa kita lihat dalam film-film laga mandarin. Guling lenting adalah suatu gerak senam lantai dengan melentingkan badan ke depan atas dengan lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Gerakan ini dapat diawali dengan gerak guling depan atau gerak mengayun guling belakang sebelumnya. Pada umumnya, gerakan guling lenting dapat dilakukan dengan cara berikut ini.
  1. Berdiri dengan salah satu kaki di depan dan kedua lengan diangkat ke atas.
  2. Tempatkan kedua tangan sebagai tumpuan untuk melakukan gulingan ke depan.
  3. Setelah gerakan gulingan dimulai, kedua kaki lurus dan rapat. Posisikan kedua tungkai lurus ke belakang dekat kepala, siku dibengkokkan, serta telapak tangan bertumpu pada matras di samping telinga.
  4. Lakukan guling ke depan. Pada saat tungkai telah melewati kepala, tolakkan tungkai ke atas depan dan mendorong kedua tangan sehingga badan melayang seperti membuat busur.
  5. Lakukan pendaratan dengan kedua kaki rapat dan pinggul didorong ke depan, kemudian diikuti dengan gerakan badan mengikuti arah rotasi gerakan.

Selain dilakukan dengan cara diatas, gerakan guling lenting juga dapat dilakukan dengan dua cara lainnya. Cara tersebut ialah dengan menggunakan tumpuan tangan dan tanpa tumpuan tangan, berikut ini akan dijelaskan mengenai kedua gerakan guling lenting tersebut.

1. Guling lenting dari posisi tidur di matras (tanpa tumpuan tangan)

Ambil posisi tubuh tidur terlentang pada matras. Tangan berada di samping badan. Angkat kedua kaki ke belakang, kemudian lemparkan kedua kaki ke atas depan dan mendarat dengan kedua ujung kaki. Posisi tubuh bagian belakang tidak menyentuh matras, hanya bertumpu pada pundak dan kedua ujung kaki.

2. Gerakan guling lenting dengan tumpuan tangan

Ambil posisi seperti latihan sebelumnya, hanya saja kedua tangan bertumpu di samping telinga. Pada saat gerak melemparkan tungkai, kedua tangan sudah mulai melakukan gerak mendorong.





Sumber referensi: Gelanggang Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan: Untuk SMA/MA kelas XI/Khairul Hadziq, Milka Nurfitri; editor Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting Dengan Tumpuan Tangan dan Tanpa Tangan | EdukasiCenter"

Posting Komentar