Gambar dan Ukuran Lapangan Tenis Untuk Nomor Tunggal dan Ganda



Bagikan:


Tenis merupakan permaina yang dilakukan dengan menggunakan raket sebagai alat pemukul untuk memukul sebuah bola khusus yang terbuat dari karet. Banyak yang menyebut bahwa tenis merupakan olahraga yang mahal, mungkin karna peralatan yang digunakan untuk bermain tenis yang tergolong mahal.

Nah, untuk memainkan permainan ini dibutuhkan beberapa sarana dan prasarana, salah satu sarana dan prasaranan dalam bermain permaina tenis adalah lapangan tenis. Saat ini sudah banyak sekali lapangan tenis yang telah dibangun di berbagai daerah, akan tetapi pengelolaannya masih dilakukan oleh pemerintah atau swasta sehingga jika ingin bermain lapangan tersebut harus disewa.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Tenis Lapangan dibawah ini:
Kebanyakan lapangan tenis yang sering kita lihat dibuat dari beton atau semen, akan tetapi terdapat pula lapangan tenis lainnya yang terbuat dari tanah liat dan biasa juga kita lihat diluar negeri lapangan tenis yang berumput.

Lapangan tenis yang baik haruslah memenuhi standar nasional ataupun standar internasional berupa ukuran dari lapangan tersebut. Ukuran-ukuran dari lapangan tenis telah ditentukan oleh organisasi tenis dunia atau ITF dan organisasi tenis Indonesia atau PELTI.

Gambar dan ukuran lapangan tenis, 
Lapangan dan beberapa seginya dipisahkan dengan garis-garis putih yang merupakan bagian dari lapangan tempat bermain tenis. Sebuah bola yang dipukul di luar lapangan (meski tidak menyentuh garis) dikatakan telah keluar dan memberi lawan sebuah nilai.

Ukuran lapangan tenis berbeda untuk nomor tunggal dan ganda. Untuk nomor tunggal, panjang lapangan 23,77 meter dan lebarnya 8,23 meter. Sementara itu, untuk nomor ganda menggunakan lapangan dengan panjang 23,77 meter dan lebar 10,97 meter.

Lapangan tenis dibagi dua oleh sebuah jaring yang di tengah-tengahnya tingginya persis 91.4 cm dan di pinggirnya 107 cm. Setiap paruh lapangan permainan dibagi menjadi tiga segi: sebuah segi belakang dan dua segi depan (untuk servis). Untuk lebih jelas nya silahkan teman-teman melihat gambar beserta ukuran lapangan tenis diatas.

Sumber referensi:
  • Penjasorkes Untuk SMA/MA kelas XII/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Tenis

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Gambar dan Ukuran Lapangan Tenis Untuk Nomor Tunggal dan Ganda"

Posting Komentar