Nomor-Nomor Lari Gawang yang Dipertandingkan Untuk Putra dan Putri



Bagikan:


nomor-nomor lari gawangyang dipertandingkan untuk putra adalah
Nomor lari gawang untuk putra dan putri [image by medium.com], 

Lari Gawang atau Hurdles atau biasa juga disebut dengan Lari Halang Rintang merupakan salah satu cabang olahraga atletik dalam kelompok lari. Lari Gawang berbeda dengan olahraga lari lainnya dalam atletik karna menggunakan sebuah penghalang berupa gawang dengan ukuran tertentu di lintasan lari.


Dalam lomba lari gawang atau lari  halang rintang terdapat nomor-nomor yang dipertandingkan untuk putra maupun putri, adapaun nomor-nomor lari gawang atau lari halang rintang yang dipertandingkan untuk putra adalah nomor lari 110 meter dan 400 meter.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Perlombaan Lari Gawang dibawah ini:

Sedangkan untuk nomor-nomor lari gawang atau lari halang rintang yang dipertandingkan untuk putri adalah nomor lari 100 meter dan 400 meter. Sebagai info, jumlah gawang yang disediakan pada lari gawang atau halang rintang untuk semua nomor lari putra dan putri adalah berjumlah 10 buah.

Adapun hal yang terpenting yang harus diperhatikan oleh setiap pelari halang rintang ialah pada saat akan dan sedang melompati gawang. Berikut ini langkah-langkah dalam melompati gawang pada lari gawang atau lari halang rintang, yaitu:

  1. Berlari dengan cepat ke arah gawang, dengan posisi badan agak miring ke depan saat melompat dan kaki yang memimpin diluruskan.
  2. Posisi tangan pada sisi tubuh yang berlawanan dengan kaki yang memimpin, mengayun ke depan dan mengimbangi gerakan tubuh.
  3. Setelah melintasi gawang, menggerakkan kaki yang memimpin ke bawah, kembali ke lintasan, ke depan, dan ke arah gawang berikutnya.
  4. Kaki yang mengikuti dilangkahkan ke depan ke arah gawang berikutnya.
  5. Melakukan sprint dengan kuat dan cepat di antara gawang satu dengan gawang selanjutnya.
  6. Posisi bahu dan pinggul dijaga untuk tetap paralel dengan gawang, sedangkan posisi tubuh sedikit naikturun ketika melintasi gawang.
  7. Gerakan diakhiri pendaratan dimana posisi kaki diluruskan, sedangkan kaki belakang diangkat tinggi.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Nomor-Nomor Lari Gawang yang Dipertandingkan Untuk Putra dan Putri"

Posting Komentar