Macam-Macam Gerakan Dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Permainan bola voli [zimbio.com], 

Bola Voli merupakan permainan yang dimainkan oleh dua regu atau tim dan masing-masing tim diperkuat oleh enam orang pemain. Permainan bola voli dimainkan dengan menggunakan sebuah bola yang memiliki keliling lingkaran 65 hingga 67 cm dan berat 260 hingga 280 gram.


Cara memainkan permainan bola voli cukup mudah, setiap pemain berusaha untuk menjatuhkan bola diwilayah lapangan lawan, diperlukan tiga sentuhan bola dari tiga pemain yang berbeda sebelum memindahkan bola ke daerah permainan lawan. Selain itu permainan bola voli menggunakan tangan dan tidak dibolehkan menggunakan kaki, dan berlomba-lomba mencapai angka 25 terlebih dahulu.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Dalam permainan bola voli terdapat beberapa gerakan-gerakan yang umum kita lihat dalam permainan lainnya, seperti berlari dan melompat. Biasanya, pada permainan bola voli kedua gerakan tersebut dijadikan gerakan awal untuk melakukan gerakan-gerakan selanjutnya, seperti melakukan teknik dasar yang khusus digunakan dalam permainan bola voli. Berikut ini beberapa gerakan khusus dalam permainan bola voli.

1. Servis

Servis merupakan gerakan pukulan yang dilakukan untuk memulai setiap permainan, gerakan pukulan ini dilakukan diluar garis belakang lapangan. Terdapat beberapa gerakan pukulan servis yang biasa dilakukan oleh pemain bola voli, yaitu servis bawah, servis atas, servis samping, dan servis lompat.

2. Passing

Passing merupakan gerakan yang dilakukan oleh pemain bola voli untuk mengumpan bola ke teman yang lain, dalam permainan bola voli dikenal dua macam gerakan passing yaitu passing bawah dan passing atas. Biasanya passing bawah digunakan untuk mengangkat bola keatas untuk selanjutnya dilakukan passing atas oleh pemain lainnya dan dilanjutkan oleh pukulan smash oleh pemain terakhir.

Passing atas ini biasanya dilakukan oleh seorang tosser, tosser merupakan pemain yang berposisi didepan net dan bertugas untuk memberikan umpan kepada spiker untuk memberikan pukulan keras kepada lawan, biasanya umpan yang diberikan tosser kepada spiker merupakan passing atas.

3. Smash

Smash merupakan gerakan pukulan yang dilakukan dengan sangat keras dan biasanya menukik sehingga sulit untuk ditahan atau dibendung oleh lawan. Gerakan pukulan smash biasanya diawali dengan berlari, kemudian melompat, lalu memukul bola, dan mendarat. Gerakan smash juga biasanya dikombinasikan dengan gerakan passing atas.

4. Membendung (Bloking)

Membendung atau bloking merupakan gerakan yang dilakukan didepan net untuk menahan bola yang akan melewati net. Gerakan bloking biasanya dilakukan oleh satu orang atau lebih dengan cara melompat didepan sambil tangan diangkat lurus keatas dan telapak tangan dilebarkan agar menyulitkan bola untuk lewat.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Macam-Macam Gerakan Dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar