Cara Melakukan Servis Samping dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Ilustrasi servis bola voli [image by www.kabarsport.com], 

Untuk bisa memainkan permainan bola voli yang baik dan benar, setiap pemain diharuskan untuk mengetahui dan menguasai teknik-teknik dasar dalam permainan bola voli, dan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain ialah teknik servis. Apa itu servis?


Servis atau pukulan servis ialah suatu pukulan yang dilakukan untuk memulai sebuah permainan atau pertandingan bola voli, servis dilakukan dengan memukul bola dari lapangan luar dan harus memasukkan bola ke daerah atau wilayah lawan. Dalam permainan bola voli modern, pukulan servis bukan hanya untuk memulai permainan akan tetapi biasa untuk mendapatkan poin.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Dalam permainan bola voli, pukulan servis dapat dilakukan dengan beberapa cara, setidaknya ada empat cara untuk melakukan servis, salah satunya ialah servis samping. Apa itu servis samping? Servis samping dalam permainan bola voli ialah servis yang dilakukan dengan ayunan tangan dari samping badan.

Untuk lebih jelasnya berikut ini Cara melakukan servis dengan ayunan tangan dari samping sebagai berikut.
  • Pemain berdiri dengan kedua kaki menghadap sisi lapangan.
  • Bola dipegang dengan tangan kiri jika akan memukul dengan tangan kanan dan pegang dengan tangan kanan jika akan memukul bola dengan tangan kiri, kemudian lambungkan bola ke atas tepat didepan badan.
  • Lengan pemukul diayun dari belakang kedepan melalui samping badan.
  • Berat badan ditempatkan di belakang, dengan kedua lutut agak ditekuk.
  • Lengan diangkat dengan membentuk gerakan melingkar.
  • Bagian tubuh berputar sedemikian rupa sampai menghadap net, berat badan dipindahkan ke depan.

Dari cara tersebut dapat kita lihat bahwa pukulan servis menyamping ini dipukul menyamping dari badan, walaupun sama-sama dibuang ke atas akan tetapi servis ini berbeda dengan servis atas yang memukul bolanya diatas  kepala sedang servis samping memukul bola yang melayang disamping, kira-kira saat bola sejajar antara perut dan pinggang.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Servis Samping dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar