Macam-Macam Servis Dalam Olahraga Tenis Lapangan



Bagikan:


gambar ilustrasi Servis tenis lapangan [image by www.xtratime.org], 
Tenis adalah olahraga yang dimainkan oleh dua orang pemain yang berhadapan atau satu lawan satu yang disebut single. Tenis juga dapat dimainkan empat orang yang disebut double, yaitu dua orang berhadapan dengan dua orang. Permainan tenis dilakukan di atas lapangan  rumput (lawn), tanah, ataupun beton yang mempunyai ukuran tertentu.

Untuk bisa memainkan olahraga ini, seorang pemain perlu untuk menguasai beberapa teknik dasarnya. Teknik dasar yang harus dikuasai salah satunya ialah teknik melakukan servis. Dalam melakukan servis, cara servis dan kekuatan pukulan akan menentukan keberhasilan melakukan servis.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Tenis Lapangan dibawah ini:
Pukulan servis adalah pukulan pertama yang mengawali permainan. Pukulan servis sangat menentukan dalam perolehan nilai atau poin. Ada beberapa macam servis dalam tenis, antara lain flat servis, slice service, dan american servis. Penjelasan dari ke tiga macam servis tersebut adalah sebagai berikut.

1. Flat Service

Servis ini biasanya untuk servis pertama sehingga gerakan bola sangat keras dan cepat. Cara melakukan flat service, yaitu bola dilambungkan di atas depan bahu kanan setinggi jangkauan tangan ditambah dengan panjang raket, dan bola dipukul dengan muka raket tegak lurus dengan bola.

2. Slice Service

Servis ini dilakukan dengan cara melambungkan bola di atas depan bahu lebih ke kanan dibandingkan pada flat service. Pada saat bola terkena raket, tangan jangan terlalu lurus, dan jalannya bola membelok ke arah lawan.


3. American Twist

Teknik ini lebih sukar dibandingkan dua servis diatas. Servis ini dilakukan oleh pemain yang sudah pandai. Caranya, bola dilambungkan si atas kepala sedikit ke kiri dan jalannya bola setelah dipukul akan membelok ke arah kiri lawan serta akan memantul tinggi.

Untuk bisa melakukan servis pada olahraga tenis, terdapat beberapa ketentuan-ketentuan yang perlu untuk diperhatikan oleh pemain tersebut. Salah satu ketentuan tersebut ialah bagaimana posisi pemain saat melakukan servis. Adapun posisi pemain saat melakukan servis sebagai berikut.
  • Jika melakukan di kotak kanan, pemain yang melakukan servis berdiri agak ke kanan dari garis tengah yang dibuat di garis belakang.
  • Jika melakukan di kotak kiri, pemain yang melakukan servis berdiri agak ke kiri dari garis tengah yang dibuat di garis belakang.

Dalam melakukan servis dalam olahraga tenis, kadang seorang pemain tidak berhasil melakukan servis. Kebanyakan bola yang dipukul tersangkut di net, atau bola tersebut melewati garis yang telah ditentukan. Itulah mengapa disarankan untuk melakukan latihan khusus servis secara terus menerus.




Sumber pustaka:
  • Belajar Tenis untuk Pemula, C.M. Jons dan Angela Buxton, RajaGrafindo Persada, 2003.
  • Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Macam-Macam Servis Dalam Olahraga Tenis Lapangan"

Posting Komentar