Ukuran Simpai Untuk Senam Irama | Edukasi Center



Bagikan:


Gambar senam irama dengan simpai, 

Senam irama adalah senam yang dilakukan dengan diiringi irama musik atau latihan gerakan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam irama ini dapat menggunakan alat (aparatus) seperti bola, tongkat, simpai, dan gerak.


Sudah sejak lama simpai digunakan orang sebagai alat untuk bermain dan juga digunakan dalam senam irama. Simpai dalam senam irama dapat dimanfaatkan untuk menciptakan gerakan-gerakan baru karena bentuknya yang bulat.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan-gerakan dalam senam irama, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Simpai yang dalam bahasa Inggris disebut hoop atau hoepel dalam bahasa Belanda terbuat dari rotan. Bentuknya bulat seperti lingkaran sehingga tampak seperti gelang yang besar. Warna simpai bermacam-macam dan sebagian besar berwarna cerah seperti merah, kuning, dan hijau.
Ukuran simpai pada umumnya sebagai berikut.
  • Diameter : 80 - 90 cm
  • Tebal : 8 - 12 mm
  • Berat : 300 gram

Ukuran tersebut standar untuk pertandingan, sedangkan untuk anak-anak dapat menggunakan simpai yang diameternya 60 - 75 cm.

Dalam senam irama, simpai dapat digunakan dengan cara diayun, diputar, digelindingkan, dilempar, dilingkarkan, dan dilompati. Semua jenis gerakan tersebut dapat dilakukan pada bidang horizontal, frontal didepan dada, frontal dibelakang badan, dan sagital.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Ukuran Simpai Untuk Senam Irama | Edukasi Center"

Posting Komentar