Cara Memegang Simpai Dalam Senam Irama | EdukasiCenter



Bagikan:


Gambar cara memegang simpai, 

Sudah sejak lama simpai digunakan orang sebagai alat untuk bermain dan juga digunakan dalam senam irama. Simpai dalam senam irama dapat dimanfaatkan untuk menciptakan gerakan-gerakan baru karena bentuknya yang bulat.


Simpai yang dalam bahasa Inggris disebut hoop atau hoepel dalam bahasa Belanda terbuat dari rotan. Bentuknya bulat seperti lingkaran sehingga tampak seperti gelang yang besar. Warna simpai bermacam-macam dan sebagian besar berwarna cerah seperti merah, kuning, dan hijau.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan-gerakan dalam senam irama, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Cara memegang simpai dalam senam irama ada bermacam-macam, yaitu sebagai berikut.
  • Pegangan biasa (over grip), yaitu cara memegang simpai menggunakan satu atau dua tangan dengan telapak tangan menghadap bawah.
  • Peganganberlawanan (under grip), yaitu cara memegang simpai menggunakan satu atau dua tangan dengan telapak tangan menghadap ke atas.
  • Pegangan dalam, yaitu cara memegang simpai menggunakan satu atau dua tangan dengan telapak tangan menghadap keluar dan jari-jari keatas.
  • Pegangan luar, yaitu cara memegang simpai menggunakan satu atau dua tangan dengan telapak tangan menghadap ke arah dalam dan ibu jari keatas.
  • Pegangan campuran, yaitu cara memegang simpai menggunakan pegangan yang berbeda oleh kedua tangan. Tangan kanan memegang simpai dengan teknik pegangan biasa, sedangkan tangan kiri dengan teknik pegangan berlawanan.
Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Memegang Simpai Dalam Senam Irama | EdukasiCenter"

Posting Komentar