Cara Membawa Lembing Dalam Olahraga Lempar lembing



Bagikan:


Ilustrasi lempar lembing [image by BeritaSatu.com]

Ada tiga cara membawa lembing sewaktu melakukan awalan yaitu Dibawa di atas bahu/ pundak dengan mata lembing mengarah serong ke atas, Dibawa di muka bahu dengan mata lembing mengarah serong ke bawah dan Dibawa dengan lembing di bawah. Pelempar dapat memilih salah satu yang sesuai dengannya. Berikut ini cara membawa lembing.


1. Dibawa di atas bahu/ pundak dengan mata lembing mengarah serong ke atas.

Cara ini umumnya digunakan oleh yang menggunakan Lembing dibawa di atas pundak, sejajar dengan telinga. Adapun mata lembing dan badan lembing sejajar dengan tanah, dan siku mengarah ke depan. awalan dengan gaya jingkat atau gaya Amerika atau American Hop.

Dibawa di atas bahu, 

2. Dibawa di depan bahu dengan mata lembing mengarah serong ke bawah.

Cara ini banyak digunakan oleh pelempar yang menggunakan awalan langkah silang atau gaya Finlandia.

Dibawa didepan bahu, 

3. Dibawa dengan lembing di bawah.

Lengan kanan yang memegang lembing lurus ke bawah maka lembing arahnya serong ke atas, ekor lembing dekat tanah. Lembing dibawa di samping badan, tangan lurus, telapak tangan menghadap ke dalam dengan mata lembing mengarah ke atas, dan sikap lembing diagonal.

Dibawa dengan lembing dibawah, 

Cara membawa ini untuk memudahkan pelempar memperoleh posisi siap melakukan lemparan setelah melakukan awalan.

Sumber pustaka :
  • BSE Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Daru, Tito.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • BSE Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan / disusun oleh Tarmudi B Hafid; Ahmad Rithaudin. -- Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Membawa Lembing Dalam Olahraga Lempar lembing"

Posting Komentar