Cara Melakukan Passing Dalam Permainan Bola Basket



Bagikan:


Teknik passing [image by carajuki.com]

Dalam menjalankan taktik menyerang dalam permainan bola basket, setiap pemain harus selalu disiplin serta selalu konsentrasi, apa lagi pada saat melakukan passing atau mengoper bola dari satu teman- ke teman lainnya, sebab jika tidak konsentrasi maka bola yang kita passing tadi kurang baik sehingga lawan bisa merebutnya.


Passing atau operan merupakan jantung dari permainan bola basket. Permainan bola basket yang baik dibangun dari operan yang akurat. Pada umumnya passing dapat dilakukan dengan cepat dan keras, tetapi tidak liar sehingga bola dapat dikuasai oleh teman yang menerimanya.

Jenis passing tergantung pada situasi keseluruhan, yaitu kedudukan teman, situasi teman, timing, dan taktik yang dilakukan. Ada 4 (empat) passing dasar yang harus dikuasai pemain, yaitu chest pass (operan dada), bounce pass (operan pantul), overhead pass (operan dari atas kepala), dan baseball pass (operan dari samping).

Cara melakukan operan dari samping adalah sebagai berikut.
  • Lutut dilenturkan, badan dibungkukkan rendah dan kaki direntangkan kira-kira selebar bahu.
  • Satu tangan membawa bola ke belakang telinga. Tangan yang lain di sisi atau di depan bola. Jari-jari direntangkan di atas bola, kepala dan mata diangkat.
  • Bola dibawa ke belakang telinga dengan satu tangan, dan tangan yang tidak memegang bola ada di depan atau samping bola untuk keseimbangan.
  • Passing dilakukan dengan gerakan maju dari lengan dan pergelangan. Selama gerakan itu, berat badan dipindahkan dari kaki belakang ke kaki depan.
  • Pergelangan harus digerakkan lurus sehingga ada putaran (spin) pada bola.




Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Passing Dalam Permainan Bola Basket"

Posting Komentar