Teknik Melayang dan Mendarat Dalam Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara



Bagikan:


Lompat jauh gaya berjalan di udara [imgae by hidupmulia.net]

Lompat jauh merupakan salah satu nomor lompat selain lompat jangkit, lompat tinggi, dan lompat galah.Tujuan lompat jauh adalah melompat sejauh-jauhnya dengan memindahkan seluruh tubuh dari titik tertentu ke titik lainnya. Caranya dengan berlari secepat-cepatnya, kemudian menolak, melayang di udara dan mendarat.


Gaya berjalan di udara (Walking in The Air) merupakan salah satu gaya dalam lompat jauh. Gerakannya lebih sulit dibandingkan dengan gaya jongkok ataupun gaya menggantung, karena gaya ini membutuhkan kelincahan gerak. Yang terpenting dari gaya ini ialah teknik berjalan pada saat diudara, akan menentukan akhir lompatan.

Salah satu faktor yang menjadi penentu hasil lompatan dalam olahraga lompat jauh yaitu pada saat melayang dan mendarat, perlu penguasaan teknik tersebut agar hasil lompatan mendapatkan jarak yang diharapkan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai bagaimana teknik melayang dan teknik mendarat pada lompat jauh gaya berjalan di udara (Walking in the air).

Teknik Melayang (Saat di Udara) Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara

Gaya jalan di udara (walking in the air) atau sering juga disebut gaya menendang (hitch–kick style) merupakan gaya yang sekarang ini paling populer. Gaya ini lebih menjanjikan tinggal landas yang efisien dan kesempatan mempersiapkan pendaratan yang lebih awal. Gerakan kaki yang memutar (berjalan) selama melayang di udara akan mempermudah pelompat dalam mempersiapkan pendaratan yang baik.

Caranya setelah kaki ayun terangkat ke depan, kaki ayun digerakkan ke belakang dan kaki tumpu digerakkan ke depan. Selanjutnya , kaki ayun digerakkan ke depan lagi sehingga sejajar dengan kaki tumpu. Ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu pada saat melayang di udara, kaki digerakkan dengan pangkal paha, seperti orang berjalan di udara.

Teknik Mendarat Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara

Pada saat mendarat, atlet lompat jauh harus menjulurkan kedua tangan ke depan dengan tetap menjaga keseimbangan badan agar tidak jatuh dengan cara sebagai berikut.
  1. Luruskan kedua kaki dan tangan ke depan bersamaan badan dicondongkan ke depan.
  2. Pada saat kedua tumit menyentuh pasir, dengan cepat kedua lutut ditekuk dan tangan menyentuh pasir.




Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Melayang dan Mendarat Dalam Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara"

Posting Komentar