Cara Melakukan Start Jongkok Pada Lari Jarak Pendek



Bagikan:


Start jongkok [image by www.aak-share.com]

Nomor lari jarak pendek merupakan salah satu nomor lari pada cabang olahraga atletik, selain nomor lari jarak pendek dikenal juga nomor lari jarak menengah dan nomor lari jarak jauh. Masing-masing nomor lari tersebut dibedakan berdasarkan jarak tempuhnya.


Pada setiap nomor lari yang diperlombakan dikenal beberapa macam start, yaitu start berdiri (standing start), yang biasanya digunakan dalam nomor lari jarak menengah dan jarak jauh; start melayang (flying start), yang biasanya digunakan oleh pelari II, III, dan IV lari dalam nomor lari estafet 4 × 100 m; dan start jongkok (cruched start), yang biasanya digunakan dalam nomor lari jarak pendek.

Dalam nomor lari jarak pendek, start yang digunakan adalah start jongkok. Pelaksanaan start jongkok ada 3 tahap, yaitu "bersedia, siap, dan ...yak!". Pada aba-aba "yak" untuk lomba resmi tingkat nasional dan internasional menggunakan tembakan pistol. Cara melakukan teknik dasar start jongkok sebagai berikut.

1. Pada waktu aba-aba "bersedia"
pelari menuju ke depan garis start kemudian meletakkan salah satu kaki di depan start block. Letakkan lutut di samping kaki depan dan diteruskan dengan meletakkan kedua tangan di belakang garis start.

2. Pada waktu aba-aba "siap"
Angkat pinggul lebih tinggi dari pundak. Kepala atau leher tetap lemas mengikuti gerakan pinggul. Sikap ini harus ditahan jangan goyang sampai menunggu aba-aba selanjutnya.

3. Pada waktu aba-aba "ya"
Tolakkan kaki sekuat-kuatnya pada start nlock dan lari secepatnya.

Lakukan berulang-ulang agar menghasilkan gerakan refleks yang disadari sehingga pada lomba yang sesungguhnya tidak ketinggalam start.




Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Start Jongkok Pada Lari Jarak Pendek"

Posting Komentar