Macam-Macam Teknik Pukulan Dasar Dalam Permainan Tenis Meja



Bagikan:


gambar ilustrasi Tenis Meja [Image by sport.news.viva.co.id]

Olahraga tenis meja dimainkan dengan menggunakan bet yang dilapisi karet untuk memukulkan bola agar melewati net yang dibentangkan di atas meja. Tenis meja dikenal pula dengan istilah ping pong. Dalam permainan tenis meja terdapat beberapa teknik pukulan dasar (stroke) yang harus dikuasai.


Teknik pukulan tersebut antara lain servis, spin, push, block, drive, chop, dropshot, chopped smash, flat hit, looped drive, dan flick. Pukulan servis merupakan pukulan pertama yang mengawali permainan tenis meja. Pukulan servis sangat menentukan dalam perolehan nilai. Ada dua teknik dasar dalam melakukan pukulan servis, yaitu servis forehand dan servis backhand.

1. Servis Forehand

Pukulan servis forehand dilakukan dengan cara telapak tangan menghadap ke depan. Sikap kaki kiri melangkah ke depan, badan agak condong ke depan, bet ditempatkan di samping depan badan. Bola diletakkan di telapak tangan di atas dada, kemudian dipukul ke arah meja hingga memantul dan melampaui net.

2. Servis Backhand

Pukulan servis backhand dilakukan dengan cara telapak tangan menghadap ke belakang. Caranya, dengan sikap melayang menyamping, kaki kanan di depan, badan agak condong ke depan, bet ditempatkan disamping depan badan, bola diletakkan di telapak tangan di depan dada, kemudian dilambungkan lalu dipukul ke arah meja hingga memantul dan melampaui net.

Berdasarkan hasil pukulan yang berupa bola berputar, jenis pukulan dalam tenis meja dibedakan atas tiga sebagai berikut.

1. Pukulan Top Spin

Pukulan ini menghasilkan putaran bola ke depan. Pukulan ini dilakukan dengan cara mengayunkan bet ke atas dengan kuat sehingga mengenai bola.

2. Pukulan Back Spin

Pukulan ini menghasilkan putara bola ke belakang. Pukulan ini dilakukan dengan cara mengeyunkan bet ke bawah dengan kuat mengenai bola.

3. Pukulan Kosong

Pukulan ini menghasilkan bola bergerak tanpa berputar. Pukulan ini dilakukan dengan cara mengayunkan bet lurus ke depan sehingga arah bola lurus ke arah meja lawan.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Macam-Macam Teknik Pukulan Dasar Dalam Permainan Tenis Meja"

Posting Komentar