Latihan Kombinasi Teknik Dasar Sepakbola



Bagikan:


Gambar ilustrasi sepak bola [Image by health.kompas.com]

Latihan bermain sepak bola mempunyai berbagai tujuan khusus. Tujuan latihan sepak bola tersebut, antara lain untuk meningkatkan penguasaan keterampilan teknis dalam situasi bermain, melatih dan menerapkan taktik atau strategi tertentu, melatih kerja sama di bagian tertentu maupun tim secara keseluruhan dan meningkatkan kualitas fisik.


Variasi atau kombinasi teknik dasar sepak bola merupakan gabungan beberapa hal (teknik dasar) yang dilakukan dalam satu rangkaian gerakan, dengan tujuan agar anak didik dapat memperkirakan efek dari tendangan, giringan, menghentikan, dan sundulan bola.

1. Latihan Variasi atau kombinasi gerakan menggiring, menendang, dan menghentikan bola
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
  • Formasi barisan berbanjar, dilakukan secara berpasangan.
  • Jarak untuk menggiring bola, menghentikan dan menendang kurang lebih 10 – 15 meter.
  • Pelaksanaannya diawali dengan menggiring bola ke depan menempuh jarak kurang lebih 10 – 15 meter, lalu bola ditahan dengan telapak kaki, dilanjutkan memutar badan ke belakang.
  • Setelah posisi badan menghadap ke teman, lakukan tendangan bola ke arahnya dan berakhir bola dikontrol (ditahan) temannya dengan telapak kaki, kaki bagian dalam/luar atau kura-kura kaki (punggung kaki) begitu seterusnya bergantian.
2. Latihan Variasi atau kombinasi gerakan menggiring dan menendang ke arah sasaran (gawang) dengan gerakan zig–zag
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
  • Formasi barisan berbanjar.
  • Kemudian dimulai dari siswa paling depan menggiring bola dengan zig–zag dilakukan dengan kaki bagian dalam/luar atau punggung kaki (kura-kura kaki).
  • Dilanjutkan dengan gerakan menendang bola diarahkan ke sasaran (gawang) dengan menggunakan kaki bagian dalam/ luar atau punggung kaki (kura- kura kaki).
Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Kombinasi Teknik Dasar Sepakbola"

Posting Komentar