Cara Melakukan Pukulan Servis Dalam Permainan Bulu Tangkis



Bagikan:


Play Badminton [Image by my-much.blogspot.com]

Pukulan Servis dilakukan untuk mengawali permainan bulu tangkis. Ada tiga jenis pukulan servis, yaitu pukulan servis panjang, pukulan servis pendek, pukulan servis datar. Apakah perbedaan dan bagaimana cara melakukan ketiga pukulan servis tersebut, berikut ini akan diuraikan satu per satu.

Cara melakukan pukulan servis panjang

Servis panjang biasa digunakan pada permainan tunggal, karena kok bisa mencapai area dekat garis belakang lawan dengan cara menukik tajam, lurus ke bawah. Meskipun di sisi lain, pukulan ini sedikit menguras tenaga. Berikut ini cara melakukan servis panjang dalam permainan bulu tangkis.

  1. Posisi kaki kiri ke depan dan kaki kanan di belakang agak melebar.
  2. Ayunan tangan dari belakangke depan yang disertai dengan pukulan sehingga pada akhirnya gerakan dari seluruh pukulan. Raket berada di atas badan pada saat tengah memukul.
  3. Ayunan raket disertai memindahkan berat badan dari belakang ke depan secara optimal.
  4. Segera turunkan tangan kiri kembali sesaat setelah kok terlepas dari tangan.

Cara melakukan pukulan servis pendek

Servis pendek sering digunakan dalam permainan ganda. Servis pendek dilakukan untuk menghemat tenaga, seolah-olah gerakannya hanya mendorong disertai dengan perpindahan berat badan dari belakang ke depan secara berirama.

Gerak pergelangan tangan dipakai hanya untuk menentukan arah. Usahakan ketinggian kok sedekat mungkin dengan net sehingga akan menyulitkan lawan saat mengembalikan kok tersebut.

Cara melakukan pukulan servis datar

Pukulan yang sering digunakan dalam permainan ganda ini tidak mengutamakan kecepatan atau derasnya laju bola, akan tetapi yang penting adalah arah bola yang datar. Cara melakukan pukulan servis datar dalam permainan bulu tangkis adalah sebagai berikut.

  1. Bersiaplah dengan berdiri agak ke belakang, agak jauh dari garis tengah.
  2. Pukullah kok sejauh-jauhnya dari samping badan agar lengan dapat bergerak dengan leluasa.
  3. Lakukan servis ini dengan cepat dan sempurnya sehingga lawan akan sulit mengembalikan kok.
Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Pukulan Servis Dalam Permainan Bulu Tangkis"

Posting Komentar