Sejarah Singkat Olahraga Bola Tangan



Bagikan:


Olahraga bola tangan atau handball [image by www.cnnindonesia.com]

Permainan bola tangan belum begitu terkenal di kalangan masyarakat dan baru dikenal di kalangan pelajar dan mahasiswa saja. Karena kurangnya peminat terhadap permainan bola tangan, maka sulit untuk dikembangkan. Bola tangan dimainkan oleh dua regu, masing-masing terdiri dari tujuh orang pemain, dan dapat juga dimainkan dengan sebelas orang.


Tujuan permainan adalah memasukkan bola ke keranjang (gawang) dengan tangan dan mencegah regu lawan untuk memasukkan bola ke gawang kita. Ada dua macam cara permainan bola tangan, yaitu indoor (permainan yang dilakukan di lapangan tertutup) dan outdoor (permainan yang dilakukan di lapangan terbuka).

Menurut sejarahpermainan bola tangan yang kita kenal sekarang ini diciptakan oleh tokoh Gymnastick yang bernama “Konrad Koch” tahun 1890). Kemudian pada tahun 1928, Organisasi Bola Tangan Dunia dibentuk dengan nama IAHF (International Amateur Handball Federation) yang diketuai oleh “Avery Brundage”.

Bangsa Indonesia mengenal permainan bola tangan sejak masa penjajahan Belanda. Pada waktu itu kaum penjajah memperkenalkannya melalui sekolah-sekolah, dan kemudian berkembang ditanah air kita ini sampai tahun 1966. Dalam permainan bola tangan terlebih dahulu perlu kita ketahui tentang teknik dasar seperti melempar, menggiring, menangkap, dan memasukkan ke gawang.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Sejarah Singkat Olahraga Bola Tangan"

Posting Komentar