Penjelasan Cara Melakukan Rangkaian Gerakan Guling Depan dan Guling Belakang | EdukasiCenter



Bagikan:


Mengguling (rolling) diartikan sebagai bergerak sepanjang daerah tumpuan dengan cara memutarkan badan terus-menerus. Gerakan berguling merupakan salah satu gerakan dasar dalam senam lantai dimana terdapat dua gerakan bebrguling yang biasa dilakukan, yaitu berguling kedepan dan berguling ke belakang.


Menurut saya gerakan berguling ini merupakan gerakan dasar dalam senam lantai yang sangat mudah untuk dilakukan, sebab kita hanya menggulingkan badan ke depan ataupun kebelakang. Kedua gerakan berguling ini dapat dirangkaikan menjadi sebuah gerakan. Rangkaian gerakan ini dapat diawali dengan guling depan ataupun guling belakang.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Cara melakukan rangkaian yang diawali dengan guling depan dilakukan dengan Diawali dari sikap berdiri tegak, kemudian jongkok dengan kedua kaki rapat dan kedua telapak tangan diletakkan pada matras. Pinggul diangkat ke atas, masukkan kepala di antara lengan hingga pundak menempel pada matras.

Selanjutnya badan digulingkan ke depan hingga bagian badan dari tengkuk, punggung, dan panggul bagian belakang menyentuh matras. Peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok, kedua lengan lurus ke depan. Gerakan akhir adalah kembali ke sikap duduk.

Setelah melakukan gerakan guling depan langsung dilanjutkan dengan melakukan gerakan guling ke belakang sehingga kembali ke tempat pada saat mengawali guling ke depan. Caranya ialah jatuhkan badan ke belakang, kemudian dorongkan kedua tangan, badan berguling ke belakang. pada sikap akhirnya kedua kaki mendarat, kedua tangan menjaga keseimbangan dan sikap jongkok.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara melakukan rangkaian gerakan guling depan dan guling belakang. Seperti yang telah disebutkan diatas, rangkaian gerakan  ini dapat diawali dengan gerakan guling depan terlebih dahulu lalu disambung dengan guling belakang ataupun sebaliknya.





Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Penjelasan Cara Melakukan Rangkaian Gerakan Guling Depan dan Guling Belakang | EdukasiCenter"

Posting Komentar