Penjelasan Cara Menahan Bola Dalam Permainan Sepak Bola



Bagikan:


Teknik menahan bola [image by bola.tempo.co], 

Seperti yang telah diketahui bahwa dalam permainan sepak bola terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain sebelum bermain, dan akan sangat rugi jika tidak menguasainya. Beberapa teknik dasar tersebut antara lain menendang, mengumpan, menahan atau menghentikan bola, dan lain sebagainya.


Untuk teknik menahan bola, teknik ini salah satu yang terpenting sebab dengan menguasai teknik ini seorang pemain dapat menahan atau menghentikan bola yang diumpan oleh teman dari arah mana saja. Teknik ini dapat dilakukan menggunakan semua anggota tubuh kecuali tangan.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini:

Anggota tubuh yang lazim atau biasa digunakan untuk menahan atau menghentikan bola dalam permaina sepak bola ialah kaki, selain kaki anggota tubuh lainnya ialah dada, perut, punggung, dan kepala. Adapun cara menahan bola dengan kaki dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu menggunakan paha, telapak kaki, kaki bagian dalam, dan kaki bagian luar.

1. Teknik Menahan bola dengan paha
Adapun langkah-langkah dalam melakukan teknik menghentikan bola dengan menggunakan paha adalah sebagai berikut.
  • Sikap awal: Berdiri dengan kedua kaki agak dibuka; Pandangan ke arah datangnya bola.
  • Gerakan: Pada saat perkenaan dengan bola, paha diangkat ke atas; Paha ditarik agak ke samping kanan; Kedua tangan dan badan menjaga keseimbangan; Kedua kaki kembali ke sikap awal.
2. Teknik Menahan bola dengan kaki bagian bawah atau telapak kaki
Adapun langkah-langkah dalam melakukan teknik menahan bola dengan menggunakan kaki bagian bawah atau telapak kaki adalah sebagai berikut.
  • Sikap awal: Salah satu kaki diputar ke atas; Kaki membentuk sudut 45°; Telapak kaki diputar ke atas.
  • Gerakan: Pada saat perkenaan, bola segera ditahan; Gerakan kaki yang lain menahan dengan ancang-ancang; Kedua tangan dan badan menjaga keseimbangan.
3. Teknik Menahan Bola dengan Kaki bagian Dalam
  • Posisi awal: diawali dengan posisi menghadap arah datangnya bola, pusatkan pandangan ke arah gerakan bola, putar pergelangan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah luar dan dikunci.
  • Gerakan: julurkan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah datangnya bola, saat bola mengenai kaki bagian dalam, tarik kembali ke belakang mengikuti arah gerakan bola.
  • Akhir gerakan: gerak bola tertahan dan berhenti di depan badan, pandangan ke depan.
4. Teknik Menahan Bola dengan Kaki bagian Luar
  • Posisi awal, diawali dengan posisi berdiri menghadap arah gerak dasar bola, letakkan kaki tumpu di samping bola, posisi kedua lengan di samping badan agak terentang, pergelangan kaki yang akan digunakan menghentikan diputar ke dalam dan dikunci, pandangan terpusat pada bola.
  • Gerakan, julurkan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah datangnya bola, saat bola menyentuh kaki bagian luar, tarik kaki yang akan digunakan menghentikan bola ke belakang, perkenaan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola.
  • Akhir gerakan, bawa berat badan ke depan bersamaan kaki yang tidak digunakan menahan bola dijadikan tumpuan berat badan, pandangan ke depan, bola tertahan di depan badan.
Adapun kunci agar berhasil dalam menahan bola ialah pemain harus konsentrasi penuh pada arah datangnya bola dan mata harus tertuju pada bola. Anggota tubuh yang akan digunakan dalam menahan atau menghentikan bola juga harus dalam posisi yang siap, dan yang paling penting teknik ini harus sering dilatih.




Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

1 Response to "Penjelasan Cara Menahan Bola Dalam Permainan Sepak Bola"

  1. What a material of un-ambiguity and preserveness of precious know-how concerning unpredicted feelings.

    BalasHapus