Teknik Blocking yang Dilakukan oleh Satu, Dua dan Tiga Orang Dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Teknik blocking tiga orang

Bola voli atau dalam bahasa Inggris disebut dengan volleyball adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Bola voli dimainkan pada sebuah lapangan berbentuk persegi panjang dengan ukuran tertentu dan terdapat net ditengahnya.


Sedikit sejarah mengenai awal mula permainan bola voli di Indonesia, bola voli masuk ke Indonesia pada tahun 1928 yang dibawa oleh guru-guru dan serdadu Belanda. Saat Indonesia merdeka, bekas tentara Angkatan Perang Belanda bergabung dengan TNI dan memopulerkan bola voli di Indonesia.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Salah satu teknik dasar yang terpenting dalam permainan bola voli ialah Blocking atau membendung, teknik ini biasanya digunakan dalam taktik bertahan sebelum pemain lawan melakukan smash didepan net. Dalam melakukan blocking timeing atau waktu sangat diperhatikan, sebab telat sedikit maka bola yang dismash oleh lawan akan mudah masuk.

Bendungan atau membendung adalah upaya menahan bola smes dari atas net. Hal ini dilakukan dengan cara menjulurkan kedua tangan ke atas dengan lurus, telapak tangan terbuka. Block dan sistem pertahanan harus mampu bekerja sama dengan baik jika ingin mengalahkan penyerangan yang mematikan dari pihak lawan.

Bendungan atau Blocking dilakukan sambil meloncat agar dapat menahan serangan dari lawan. Bendungan atau Block yang sering digunakan dalam permainan bolavoli adalah Bendungan Satu Pemain, Bendungan Dua Pemain, dan Bendungan Tiga Pemain.

Banyaknya pemain yang melakukan blocking dapat disesuaikan dengan situasi saat bertanding dan didasarkan pula pada kuat atau lemahnya pukulan atau serangan lawan. Selain itu, ruang lingkup daerah posisi mana lawan melakukan pukulannya juga harus diperhatikan.

  1. Block atau bendungan satu orang pemain, Block jenis ini digunakan jika lawan memainkan penyerangan yang sangat cepat, cermat dan kuat, sehingga pihak bertahan tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk membantu teman melakukan block.
  2. Block atau bendungan dua orang pemain, Block jenis ini digunakan jika lawan memainkan penyerangan dengan ketepatan sasaran, sehingga pihak bertahan masih mempunyai kesempatan untuk membantu teman melakukan block.
  3. Block atau bendungan tiga orang pemain, Block jenis ini digunakan jika menghadapi lawan yang tangguh memainkan penyerangan dengan smash-smash yang tajam, keras dan menukik. Sehingga diharapkan dengan adanya block yang banyak penyerangan dapat digagalkan.

Nah dari penjelasan diatas maka dapat diketahui bahwa, blocking dapat dilakukan oleh satu hingga tiga orang bahkan lebih tergantung dari serangan atau pukulan smash yang dilakukan oleh pemain lawan. Semakin kuat serangan maka semakin banyak pula pemain yang mem-block serangan tersebut.




Sumber referensi:
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Untuk SMA, MA, dan SMK Kelas XI / disusun oleh Tarmudi B Hafid ; Ahmad Rithaudin. --Jakarta : PusatKurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Untuk SMA Kelas XII/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Blocking yang Dilakukan oleh Satu, Dua dan Tiga Orang Dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar