Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menendang Bola, Menghentikan Bola, dan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bola



Bagikan:


Sepak Bola [olahraga.pro]

Sepak Bola atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Football dan Soccer saat ini merupakan olahraga terpopuler di Dunia. Sepak Bola dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing tim tersebut beranggotakan sebelas pemain, maka dari itu tim sepak bola biasa juga disebut dengan keseblasan.


Untuk bisa memainkan permainan sepak bola, setiap pemain terlebih dahulu menguasai teknik-teknik dasarnya. Beberapa teknik dasar dari permainan sepak bola yaitu teknik menendang bola, teknik menghentikan bola, dan teknik menggiring bola. Nah, pada postingan ini kita tidak akan membahas bagaimana cara melakukan teknik tersebut karena sudah dibahas pada postingan yang lalu.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini:

Pada postingan ini kita akan mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan ketiga teknik dasar tersebut. Biasanya hal-hal ini akan berkaitan erat dengan seberapa hebatnya pemain tersebut menguasai teknik dasar. Nah, langsung saja.

1. Menendang Bola

Teknik menendang bola merupakan salah satu teknik mendasar dalam permainan ini, seorang pemain harus bukan hanya pintar menendang akan tetapi seakurat apa dia menendang bola tersebut. Jangan sampai niatnya menendang lurus malah bola yang dia tendang larinya miring.

Setidaknya terdapat tiga cara atau teknik memendang bola, yaitu menendang dengan kura-kura kaki (punggung kaki), biasanya menendang dengan punggung kaki untuk menendang dengan jarak jauh; menendang dengan kaki bagian dalam, biasanya digunakan dalam melakukan tendangan bebas; dan menendang dengan kaki bagian luar, biasanya digunakan dalam mengumpan jarak dekat.

Saat menendang bola harus memperhatikan beberapa hal-hal berikut ini.
  • Kaki tumpu dibelokkan sedikit sehingga berat badan dan kaki tumpu di samping bola.
  • Pergelangan kaki dikeraskan ketika diayun dan ditendangkan.
  • Berat badan mengikuti kaki penendang.
  • Pandangan ke arah bola.
  • Untuk tendangan datar atau menyusur tanah perkenaan pada tengah-tengah bola, sedangkan untuk tendnangan lambung perkenaan bola ada disebelah bawah bola.
2. Menghentikan Bola

Menghentikan bola dapat berarti menguasai bola yang datang, baik dari teman maupun lawan. Ada tiga arah datangnya bola yaitu bola menyusur tanah (ground ball), bola memantau (bouncing ball), dan bola tinggi. Dalam menghentikan bola harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

  • Orang yang menerima atau mendapat operan segera menjemput bola.
  • Menghentikan bola dengan berbagai macam cara antara lain dengan menggunakan kaki, kepala, dada, atau paha, tergantung arah datangnya bola.
  • Hindarkan benturan bola yang terlalu keras pada badan kita.
  • Kuasailah bola yang sudah diterima.
3. Menggiring Bola

Cara menggiring bola bisa dilakukan dengan menggunakan kura-kura kaki, kaki bagian dalam, kaki bagian luar, atau telapak kaki. Menggiring bola dapat dilakukan dengan beberapa gerakan, yaitu  Menggiring bola lurus, menggiring dengan cara zig-zag atau berkelak-kelok, dan menggiring dengan variasi.

Dalam menggiring bola harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.
  • Bola digiring dengan kombinasi kaki kiri dan kanan.
  • Badan lurus lentur dan lincah.
  • Gerakan ujung sepatu ke arah dalam atau lutut menghdap ke depan.
  • Apabila menggunakan kaki kanan untuk menggiring bola, usahakan kombinasi gerakan kaki dalam dan luar.
Daftar pustaka: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menendang Bola, Menghentikan Bola, dan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bola"

Posting Komentar