Macam-Macam Pukulan dari Atas Kepala (overhead strokes) dalam Permainan Bulutangkis | Edukasi Center



Bagikan:


Pukulan Smash [image by www.bacabagus.com], 

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas dua bentuk pukulan yang terdapat dalam permainan bulutangkis, yang pertama adalah pukulan servis dimana pukulan servis terdiri dari servis panjang dan servis pendek, yang kedua adalah pukulan mendatar atau menyamping yang terdiri dari pukulan drive dan pukulan netting.


Untuk pembahasan kita pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang pukulan dari atas kepala (overhead strokes) dalam permainan bulutangkis. Pukulan dari atas kepala dilakukan pada saat mengembalikan bola lawan ataupun pada saat menyerang.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bulu Tangkis atau Badminton dibawah ini:

Pukulan dari atas kepala terdiri dari empat pukulan, yaitu pukulan lob, pukulan dropshot, pukulan smash, dan Around thehead. Berikut ini akan dijelaskan keempat macam pukulan tersebut beserta cara untuk melakukannya.

Pukulan Lob
Pukulan lob merupakan jenis pukulan yang melambung jauh ke daerah lawan. Cara melakukannya, yaitu sebagai berikut. [1]
  • Berdiri dengan rileks, tempatkan posisi badan di belakang kok, salah satu kaki di depan dan berat badan di belakang.
  • Kok dipukul di depan atas kepala dengan mengayunkan raket ke depan atas dan meluruskan seluruh lengan.
  • Lecutkan pergelangan tangan ke depan.
  • Setelah raket menyentuk kok, lanjutkan gerakan memukul sehingga raket berada di samping badan.
Pukulan Dropshot

Dropshot merupakan jenis pukulan yang meluncurkan kok ke daerah dekat lawan sedekat mungkin dengan net. Pukulan ini lebih banyak membutuhkan perasaan agar kok jatuh tipis di atas net sehingga sulit dijangkau lawan. Gerakan memukulnya hampir sama dengan pukulan lob, tetapi pada perkenaan raket agak miring dan lebih perlahan. [1]

Pukulan Smash

Pukulan smash merupakan pukulan yang keras dan tajam yang bertujuan untuk mematikan lawan secepat-cepatnya. Gerakan smash hampir sama dengan pukulan dropshot dan pukulan lob, perkenaan raket bisa lurus, bisa juga dengan cara dimiringkan. Pada pukulan ini lebih mengandalkan kekuatan dan kecepatan lengan serta lecutan pergelangan tangan.

Untuk mendapatkan hasil pukulan yang tajam, usahakan kok dipukul di depan badan dalam posisi raket condong ke depan dan merupakan hasil maksimal dari koordinasi antara gerakan badan, lengan, dan pergelangan tangan. [1]

Around the head

Around the head adalah jenis pukulan overhead yang dilakukan dengan cara memutar lengan melewati belakang atas kepala ke arah backhand. Biasanya kok yang melambung di sebelah kiri oleh pemain tangan kanan dilakukan dengan backhand, tetapi untuk mempercepat tempo permainan dan mempermudah dalam mengatur dan mengendalikan serangan, pemain melakukan pukulan dengan cara forehand melingkar melewati belakang atas kepala. [1]

Itulah penjelasan dan cara melakukan keempat pukulan dari atas kepala atau overhead strokes, semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita mengenai olahraga bulutangkis. Nantikan informasi-informasi menarik lainnya seputar olahraga di blog ini.

Sumber pustaka : [1] Arena Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan /Hilman Nurhuda, Mia Kusumawati; editor, Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.— Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Macam-Macam Pukulan dari Atas Kepala (overhead strokes) dalam Permainan Bulutangkis | Edukasi Center"

Posting Komentar