Latihan Teknik Pernapasan Pada Renang Gaya Bebas



Bagikan:


Gambar latihan teknik pernapasan, 
Teknik pernapasan pada renang gaya bebas dilakukan dengan cara memutar leher ke kanan atau ke kiri dan bersamaan dengan itu tangan melakukan gerak tarikan. Atau ketika tangan melakukan gerak dorongan, mengambil udara melalui mulut saat di atas permukaan air.

Untuk lebih menguasai lagi teknik bernapas saat melakukan renang gaya dada, berikut ini beberapa latihan yang dapat anda lakukan untuk melatih teknik pernapasan anda saat melakukan renang gaya dada.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Renang Gaya Bebas dibawah ini
Latihan 1

Melakukan teknik pernapasan renang gaya bebas berpegangan di dinding kolam. Latihan tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Posisi badan telungkup terapung di permukaan air, kedua tangan memegang dinding kolam, kedua kaki lurus kebelakang.
  • Lakukan gerakan pukulan kaki sebanyak dua kali pukulan dan putar leher ke kanan atau ke kiri, lalu hirup udara diatas permukaan air melalui mulut.
  • Setelah bernapas melalui mulut, lalu masukkan lagi muka ke dalam air dan buang napas did alam air. Latihan ini dilakukan berulang-ulang.

Latihan 2

Melakukan teknik pernapasan renang gaya bebas dengan berpegangan pada papan pelanpung. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Posisi telungkup di atas permukaan air. Badan, kedua kaki dan lengan lurus memegang papan pelampung.
  • Lakukan gerakan kaki sebanyak dua kali atau empat kali, lalu putar leher ke kanan atau ke kiri, ambil napas melalui mulut diatas permukaan air.
  • Masukkan lagi muka ke dalam air dan buang napas dilakukan berulang-ulang.

Latihan 3

Melakukan teknik pernapasan renang gaya bebas dengan posisi badan terapung diatas permukaan air. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Posisi terlungkup di atas permukaan air dengan badan, kaki, dan lengan lurus.
  • Lakukan gerakan kaki dan tarik lengan kanan ke belakang, lalu putar leher ke atas dan hirup udara melalui mulut.
  • Saat lengan diputar dan masuk di air, lalu putar kembali leher dan masukkan muka ke dalam air dan buang napas di dalam air.
  • Latihan dilakukan berulang-ulang.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Teknik Pernapasan Pada Renang Gaya Bebas"

Posting Komentar