Teknik Memegang Tongkat Pemukul Pada Permainan Softball



Bagikan:


memegang stick softball

Sofbol atau softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri atas 2 tim, setiap tim terdiri atas 9 pemain dan selebihnya adalah pemain cadangan. Teknik dasar yang harus dikuasai bila ingin bermain softball antara lain melempar bola, menangkap bola, memukul, dan melakukan sliding.


Pegangan stik di sini sangat menentukan berhasil dan tidaknya gerakan memukul bola. Untuk itu, kayu pemukul dipegang erat-erat dengan kedua tangan yang rapat atau sedikit jaraknya. Ada 3 macam cara yang dapat dilakukan pemain untuk memegang alat pemukul (stick) dalam permainan softball, cara-caranya yaitu sebagai berikut.

  1. Pegangan bawah, yaitu stick dipegang dekat bonggol (knob) untuk meningkatkan kekuatan pegangan dan menambah kekuatan pukulan.
  2. Pegangan tengah, yaitu stick di posisi tangan bawah sekitar 2.5 - 5 cm dari knob untuk memperoleh kekuatan dan akurasi.
  3. Pegangan atas, yaitu stick dipegang dengan posisi tangan bawah diletakkan sekitar 7.5 - 10 cm dari knob untuk mengurangi kekuatan pukulan dan untuk mendapatkan control yang baik.
Sumber pustaka :
  • Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/Aan Sunjata Wisahati, Teguh Santosa; editor, Is Maryanto; ilustrator, Falis.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan VIII/Faridha Isnaini, Suranto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Memegang Tongkat Pemukul Pada Permainan Softball"

Posting Komentar