Pelanggaran yang Diberikan Hukuman Tendangan Bebas Langsung Dalam Sepak Bola



Bagikan:


Hukuman Tendangan Bebas Langsung Dalam Sepak Bola (indianexpress.com)

Tugas seorang wasit didalam lapangan sangatlah berat, biasanya seorang wasit menjadi bulan-bulanan pemain dan penonton yang tidak terima dengan keputusan wasit yang dianggap memihak tim lawan. Salah satu tugas wasit yang biasanya kita lihat ialah memebrikan hukuman kepada pemain yang membuat pelanggaran.


Pelanggaran yang dilakukan oleh pemain bermacam-macam, bahkan wasit juga bisa dilanggar oleh pemain dengan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas kepada wasit. Lalu apa saja bentuk pelanggaran yang diberikan hukuman Tendangan bebas langsung oleh wasit kepada pemain dalam pertandingan sepakbola? Berikut ini informasinya.

Tendangan bebas langsung adalah tendangan bola mati yang dapat digunakan untuk mencetak gol langsung terhadap pihak bertahan. Tendangan bebas langsung diberikan jika seorang pemain melakukan salah satu pelanggaran berikut terhadap lawan dengan cara yang dianggap oleh wasit sebagai kecerobohan, sembrono atau menggunakan kekuatan berlebihan seperti menyepak lawan; menjatuhkan lawan; melompat pada lawan; menerjang lawan secara kasar; menerjang lawan dari belakang; mencoba memukul lawan;memegang lawan; dan mendorong lawan.

Jika pelanggaran melibatkan kontak, itu dihukum dengan tendangan bebas langsung. Tendangan bebas langsung diberikan jika pemain melakukan salah satu pelanggaran berikut:

  1. Pelanggaran handball (kecuali untuk penjaga gawang di dalam area penalti mereka)
  2. Memegang lawan
  3. Menghalangi lawan dengan kontak
  4. Menggigit atau meludahi seseorang dalam daftar tim atau ofisial pertandingan
  5. Melempar benda ke arah bola, lawan atau ofisial pertandingan, atau melakukan kontak dengan bola dengan benda yang dipegang

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Pelanggaran yang Diberikan Hukuman Tendangan Bebas Langsung Dalam Sepak Bola"

Posting Komentar