Taktik dan Strategi Penyerangan dan Pertahanan Dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Taktik dan Strategi Penyerangan dan Pertahanan Dalam Permainan Bola Voli
Gambar ilustrasi bertahan dan menyerang [source image by mela-meilani.blogspot.com],

Sebagai salah satu permainan tim, bermain bola voli memerlukan taktik dan strategi yang baik. Hal ini merupakan modal dasar yang penting untuk memenangkan pertandingan. Taktik dan strategi dalam permainan bola voli terbagi atas penyerangan dan pertahanan, berikut penjelasannya.


Taktik dan Strategi Penyerangan Dalam Permainan Bola Voli

Tujuan pokok permainan bola voli adalah mendapatkan angka akhir lebih dahulu dari lawan. Materi berikut berhubungan dengan sistem penyerangan yang akan digalang oleh anggota tim saat bertanding. Sistem penyerangan dibentuk melalui kerja sama antarpemain yang sesuai dengan posisinya masing-masing.

Penyerangan dilakukan dengan kombinasi pengoperan yang baik disertai kecerdikan para pemain itu sendiri dalam melakukan gerak tipu. Untuk memantapkan kerja sama tim dalam penyerangan, harus dilakukan latihan bersama yang dapat menciptakan pola penyerangan yang baik.

Taktik dan Strategi Pertahanan Dalam Permainan Bola Voli

Pertahanan dapat dilakukan secara individu ataupun dilakukan secara bersama. Keduanya bertujuan untuk memperoleh nilai tertinggi dengan cepat sehingga dapat menjadi pemenang. Pertahanan individu dilakukan sesuai taktik masing-masing individu. Pertahanan individu dapat dilakukan seorang pemain dalam menerima bola dari serangan lawan, baik berupa serangan smes maupun serangan biasa.

Pertahanan bersama merupakan pertahanan yang benar-benar menuntut kebersamaan. Pertahanan bersama dilakukan terutama untuk mengantisipasi smes lawan dari arah tengah atas net. Dalam hal ini, pertahanan dilakukan oleh dua atau tiga pemain untuk membendung bola smes dengan membentuk tembok yang kokoh sehingga smes lawan dapat terbendung.

Selain melalui pertahanan blocking smash, pertahanan lain yang harus diperhatikan adalah pertahanan untuk mengantisipasi serangan gerak tipu lawan dalam penempatan bola. Hal tersebut membutuhkan kejelian semua pemain untuk mengantisipasinya, terutama bagi para pemain yang tidak melakukan block.

Sumber pustaka : Arena Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan /Hilman Nurhuda, Mia Kusumawati; editor, Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.— Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Taktik dan Strategi Penyerangan dan Pertahanan Dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar