Teknik Melakukan Gerakan Guling Lenting Dalam Senam Lantai



Bagikan:


Gerakan Guling Lenting (Neck Keep)

Senam lantai merupakan olahraga yang mengandalkan aktivitas seluruh anggota badan. Gerakannya mirip balet dan berjungkir balik, biasanya tanpa alat bantu. Senam lantai mengacu pada gerak kombinasi terpadu mengutamakan keseimbangan, kekuatan, kelenturan, dan ketajaman gerak. Salah satu gerakan yang ada dalam senam lantai adalah Gerakan Guling Lenting (Neck Keep).


Gerakan Guling Lenting (Neck Keep) adalah gerakan berguling diikuti dengan melentingkan tubuh ke depan atas dengan melemparkan kedua kaki dan menolakkan kedua tangan. Cara melakukannya yaitu terlebih dahulu melakukan sikap awal yaitu berdiri tegak, kedua kaki rapat, kedua tangan, ke depan lurus, badan dibungkukkan, dan tangan menempel ke matras.

Setelah itu lakukan gerakan intinya yaitu dagu didekatkan ke dada, pundak mengenai matras, dorong pinggul, dan tungkai dilecutkan kuat ke depan. setelah melakukan gerakan guling lenting selanjutnya sikap akhir dari gerakan ini yaitu kedua kaki mendarat, kedua lengan lurus, dan berdiri tegak.





Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/Sodikin Chandra, Achmad Esnoe Sanoesi.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Melakukan Gerakan Guling Lenting Dalam Senam Lantai"

Posting Komentar