Jenis-Jenis Pukulan lob Dalam Permainan Bulutangkis



Bagikan:


Pukulan lob [image by badmintondjarum.blogspot.com]

Pukulan lob dilakukan untuk menerbangkan kok setinggi mungkin jauh ke belakang garis lapangan. Pukulan lob dapat dilakukan baik dari bawah atau dari atas kepala. Pukulan lob sangat penting bagi pola pertahanan ataupun pola penyerangan.


Teknik pukulan lob ada dua macam yaitu: overhead lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala, dan underhand lob, yaitu pukulan lob dari bawah yang dilakukan dengan memukul kok yang berada di bawah badan. Ada beberapa jenis lob, yaitu sebagai berikut.

1. Lob Serang

Lob serang ada dua macam, yaitu dari atas dan dari bawah. Lob serang dari atas adalah bola diambil dari depan badan atas kepala, dilambungkan rendah dan cepat. Lob serang dari bawah adalah bola diambil dari bawah, dilambungkan agak rendah dan cepat. Tujuan dari lob serang adalah digunakan untuk menyerang.

2. Lob Penangkis

Lob penangkis dari atas adalah bola diambil dari depan badan di atas kepala, dilambungkan tinggi dan jauh sampai garis belakang. Sebaliknya, pada lob penangkis dari bawah, bola diambil dari bawah, dilambungkan tinggi dan jauh ke belakang. Tujuan dari lob penangkis adalah untuk mempertahankan serangan.

Sumber pustaka :
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Daru, Tito.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Gelanggang Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan: /Khairul Hadziq, Milka Nurfitri; editor Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Jenis-Jenis Pukulan lob Dalam Permainan Bulutangkis"

Posting Komentar