Cara Melakukan Gerakan Guling Depan Dalam Senam Lantai



Bagikan:


Gerakan guling depan

Gerakan berguling termasuk dalam gerakan senam lantai. Guling dapat dilakukan dengan guling depan dan guling ke belakang. Melakukan gerakan berguling terlebih dahulu dibutuhkan kelenturan otot dan persendian. Oleh karena itu, untuk memperoleh kelentukan otot dan pelemasan sendi harus melakukan gerakan pemanasan.


Latihan gerak berguling ke depan dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut. Mula-mula berdiri di depan matras, letakkan telapak tangan di atas matras. Tekuklah kepala hingga ke dagu, kemudian tekuklah tangan sampai bahu menyentuh matras. Lalu, bergulinglah ke depan dengan posisi akhir jongkok sempurna. Lakukanlah secara berulang.

Bentuk gerakan berguling ke depan harus bulat menggulung. Adapun langkah-langkah gerakannya adalah sebagai berikut.

  • Sikap awal pada gerakan berguling ke depan yaitu berjongkok. Kemudian, kedua tumit diangkat sejajar dan kedua lutut dilipat. Sementara itu, kedua tangan bertumpu sejajar di lantai, selanjutnya bungkukkan di depan lutut.
  • Gerakannya, angkat pinggul ke atas lebih tinggi daripada bahu. Kemudian, tumit diangkat, sedangkan tungkai tetap rapat. Sementara itu, tangan bertumpu sejajar bahu, lalu dorongkan panggul ke depan sambil memasukkan kepala di antara kedua lengan, dan siku dibengkokkan ke samping sehingga tengkuk menyentuh lantai.
  • Selanjutnya, bergulinglah ke depan mulai dengan pundak, punggung, pinggang, dan panggul. Ketika akan menyentuh lantai, kedua tangan cepat memeluk kedua lutut.
  • Sikap akhir pada gerakan ini yaitu duduk, kemudian berjongkok. Sementara itu, kedua lengan lurus ke depan dan telapak tangan menghadap ke bawah.


Sumber pustaka :
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan / disusun oleh Tarmudi B Hafid; Ahmad Rithaudin. -- Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 1/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Amanah...[et al.].-- Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

1 Response to "Cara Melakukan Gerakan Guling Depan Dalam Senam Lantai"