Latihan Kombinasi Teknik Dasar Dalam Permainan Tenis Meja



Bagikan:


gambar ilustrasi Tenis Meja [Image by sport.news.viva.co.id]

Tenis meja adalah cabang olahraga yang dimainkan didalam gedung oleh dua atau empat pemain. Cara memainkannya dengan menggunakan raket yang dilapisi karet untuk memukul bola tenis meja, alat pemukul tersebut diberi nama Bet.


Untuk bermain tenis meja, kita perlu menguasai beberapa teknik-teknik dasarnya. Ada beberapa teknik dasar dalam permainan tenis meja, yaitu teknik dasar servis dan teknik dasar pukulan. Agar lebih menguasai teknik dasar tersebut diperlukan latihan-latihan rutin.

Berikut ini latihan kombinasi teknik dasar servis dan pukulan, yang dapat anda lakukan agar anda lebih menguasai lagi teknik permainan tenis meja tersebut.

Latihan 1
Kombinasi pukulan servis forehand atau backhand topspin dilanjutkan dengan pukulan forehand atau backhand secara berpasangan. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Pemain A melakukan pukulan servis forehand atau backhand topspin.
  2. Pemain B menangkap bola yang sudah memantul dan mengembalikannya ke arah pemain A.
  3. Demikian seterusnya dengan servis dilakukan secara bergantian.
Latihan 2
Kombinasi pukulan servis forehand atau backhand topspin, dilanjutkan dengan pukulan forehand atau backhand yang dilakukan 1 lawan 2. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Pemain A melakukan servis kepada pemain B dan C.
  2. Pemain B atau C mengembalikan bola dengan pukulan forehand.
  3. Pemain A mengembalikan bola kepada pemain B atau C menggunakan pukulan forehand atau backhand.
  4. Jika bola mati, dilakukan servis ulang oleh pemain A.
Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Kombinasi Teknik Dasar Dalam Permainan Tenis Meja"

Posting Komentar