Gerakan Handstand Untuk Melatih Keseimbangan Tubuh



Bagikan:



Gerakan Handstand Untuk Melatih Keseimbangan Tubuh, 

Tahukah teman-teman bahwa beberapa gerakan dalam senam lantai dapat pula dilakukan untuk melatih keseimbangan tubuh? Dalam senam lantai, beberapa gerakan yang dapat melatih keseimbangan tubuh diantaranya gerakan sikap lilin, sikap kapal atau pesawat terbang, dan handstand.

Mengapa gerakan Handstand tersebut bisa juga dilakukan untuk melatih keseimbangan tubuh? Jika teman-teman pernah melihat orang yang melakukan handstand ataukah pernah melakukannya sendiri di sekolah pasti tahu mengapa gerakan ini dapat juga melatih keseimbangan.

Latihan sikap handstand merupakan latihan keseimbangan dimana beban tubuh bertumpu pada tangan. Ayo kita melakukan gerakan handstand bersama beberapa teman yang lain, dan berlomba siapa yang lebih lama untuk mempertahankan keseimbangan sehingga tidak mudah jatuh.

Handstand merupakan sikap berdiri dengan kedua tangan, berarti kedua belah telapak tangan bertindak sebagai tumpuan. Adapun cara melakukan gerakan dari handstand ialah sebagai berikut.
  1. Berdiri tegak dengan kaki rapat kedua tangan lurus di samping badan.
  2. Langkahkan salah satu kaki ke depan diteruskan membungkukkan badan ke depan dan meletakkan kedua telapak tangan di matras.
  3. Ayunkan kaki ke belakang atas diikuti kaki satunya dan rapatkan sehingga membentuk garis vertikal antara lengan, badan, dan kedua kaki lurus ke atas.
  4. Pertahankan sikap tersebut beberapa saat, jaga keseimbangan.
  5. Turunkan kembali kedua kaki ke lantai, satu per satu dan kembali ke posisi awal.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Gerakan Handstand Untuk Melatih Keseimbangan Tubuh"

Posting Komentar