Ukuran Lapangan Futsal; Ukuran, Berat, dan Bahan Bola Futsal; Serta Ukuran Lebar dan Tinggi Mistar Gawang Futsal



Bagikan:


Gambar lapangan futsal [image by google], 

Futsal merupakan permainan yang secara teknik sama dengan sepak bola pada umumnya, akan tetapi yang membedakan antara kedua permainan ini ialah dalam hal peraturan permainan. Walaupun sama-sama di bawahi oleh FIFA, akan tetapi dalam hal peraturan keduanya berbeda.


Adapun peraturan-peraturan yang umumnya berbeda antara futsal dan sepak bola misalnya dalam hal ukuran lapangan; ukuran, berat dan bahan bola; serta ukuran lebar dan tinggi gawang. Sedangkan peraturan yang berhubungan dengan periode atau waktu bermain, jumlah pemain dan cadangan, perlengkapan pemain, dan wasit akan di jelaskan pada postingan selanjutnya.

Ukuran Lapangan Futsal

Lapangan futsal berbentuk persegipanjang. Permukaan lapangan harus rata dan tidak licin. Lantai lapangan futsal biasanya dilapisi dengan rumput sintetis atau bagan dari kayu, tetapi hindari lapisan lapangan dari beton atau bata. Berikut ukuran lapangan futsal.

  1. Panjang lapangan 25 – 42 meter, lebar lapangan 15 – 25 meter.
  2. Lapangan ditandai dengan garis-garis yang berfungsi sebagai pembatas. Dua garis terluar yang lebih panjang disebut garis pembatas lapangan, dan dua garis yang lebih pendek disebut garis gawang.
  3. Lebar seluruh garis adalah 8 cm.
  4. Lapangan dibagi menjadi dua bagian pada bagian tengah lapangan. Titik tengah lapangan ditandai dengan sebuah titik. Titik tengah lapangan berada pada lingkaran tengah lapangan dengan radius 3 meter.
  5. Daerah seperempat lingkaran di depan garis gawang memiliki radius 6 meter.
  6. Titik penalti berada 6 meter dari titik tengah garis gawang.
  7. Titik penalti kedua berada 10 meter dari titik tengah antara posisi tiang gawang vertikal.
  8. Titik tendangan pojok memiliki radius 25 cm, di setiap sudut lapangan.

Ukuran, Berat, dan Bahan Bola Futsal

Bola futsal berbentuk bulat sempurna. Bahan yang dipergunakan untuk membuat bola futsal adalah dari bahan kulit atau bahan lain yang layak untuk digunakan. Keliling bola futsal 62 – 64 cm, berat bola 400 – 440 gram, dan tekanan 0,4 – 0,6 atm.

Ukuran Lebar dan Tinggi Mistar Gawang Futsal

Ukuran gawang permainan futsal adalah sebagi berikut.
  1. Gawang terdiri atas dua buah tiang sejajar dalam posisi vertikal dengan jarak yang sama dari setiap sudut dan pada sisi atasnya dihubungkan dengan tiang horizontal.
  2. Gawang harus diletakkan tepat pada tengah-tengah garis gawang.
  3. Jarak kedua tiang vertikal adalah 3 meter dan jarak dari sisi bawah batangan atas ke dasar permukaan lapangan adalah 2 meter.
  4. Tiang vertikal dan tiang horizontal memiliki diameter 8 cm.
  5. Jaring gawang terbuat dari tali rami, goni, atau nilon, yang dikaitkan pada kedua tiang vertikal dan horizontal pada sisi belakang gawang.
  6. Kedalaman gawang adalah jarak dari ujung bagian dalam dari posisi gawang langsung ke arah sisi luar lapangan, minimal 80 cm pada bagian atas dan 100 cm pada bagian bawah.
Sumber referensi: Praktis Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Untuk SMA/MA/SMK kelas XII/ Eli Maryani, Jaja Suharja Husdarta; editor, Dadan Ahmad Sobardan.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Ukuran Lapangan Futsal; Ukuran, Berat, dan Bahan Bola Futsal; Serta Ukuran Lebar dan Tinggi Mistar Gawang Futsal"

Posting Komentar