Tahapan Cara Melakukan Servis Atas Dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Ilustrasi servis bola voli [image by olahraga.pro], 

Bola Voli merupakan permainan oleh dua tim, dimana masing-masing tim beranggotakan enam orang pemain. Permainan bola voli ditemukan oleh William G Morgan pada tahun 1895 di Holyoke (Amerika bagian timur). Permainan bola voli di Amerika sangat cepat perkembangannya, sehingga tahun 1933 YMCA mengadakan kejuaraan bola voli nasional.


Kemudian permainan bola voli ini menyebar ke seluruh dunia. Untuk pertama kalinya dipertandingkan di Polandia pada tahun 1974 dengan peserta yang cukup banyak. Maka pada tahun 1984 didirikan Federasi Bola voli Internasional atau Internationnal Volley Ball Federation (IVBF) yang waktu itu beranggotakan 15 negara.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Di Indonesia, olahraga bola voli bernaung dibawah organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau PBVSI. Permainan bola voli di Indonesia cukup populer bahkan hampir dengan mudah menemukan lapangan tempat bermain bola voli, selain lapangan yang digunakan tidak terlalu luas, cara bermainnya juga sangat mudah dan pasti semua orang bisa memainkannya.

Untuk menjadi pemain bola voli yang hebat, diperlukan penguasaan dari beberapa teknik dasar dalam bermain bola voli. Salah satu teknik yang mendasar dari permainan bola voli ialah teknik servis, servis adalah pukulan bola untuk mengawali permainan. Bola yang diservis harus dapat melewati atas net dan jatuh di bidang permainan lawan.

Teknik servis dalam permainan bola voli dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya ialah teknik servis atas atau biasa juga disebut dengan Tenis Servis karena cara servis yang menyerupai servis pada permanan tennis lapangan.

Adapun tahapan cara melakukan servis atas dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut.
  • Persiapan: berdiri dengan kedua kaki dalam posisi melangkah, berat badan bertumpu pada kedua kaki dan sikap badan agak condong ke depan, pegang bola di depan badan.
  • Gerakan: lambungkan bola ke atas agak ke belakang menggunakan tangan kiri, lentingkan badan ke belakang. Bersamaan dengan gerakan badan ke depan, bola dipukul menggunakan tangan kanan yang dibantu dengan mengaktifkan pergelangan tangan.
  • Akhir gerakan: Ikuti gerakan badan ke depan dengan melangkahkan kaki belakang ke depan. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak memukul.

Walaupun menjadi pukulan untuk mengawali pertandingan, akan tetapi teknik pukulan servis ini bisa menjadi keuntungan atau kerugian bagi tim. Jika melakukan servis dengan baik maka servis dapat langsung menghasilkan poin untuk tim, akan tetapi jika melakukan servis dengan tidak sempurna maka tim lawan akan menghasilkan poin, misalnya bola tidak menyebrang atau bola yang diservis keluar lapangan.



Itulah sedikit penjelasan mengenai tahapan cara melakukan servis atas dalam permainan bola voli, semoga penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita semua mengenai permainan bola voli.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Tahapan Cara Melakukan Servis Atas Dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar