Pengertian Senam Aerobik



Bagikan:


Senam aerobik [image by hawagym.com]

Menurut Maria Dinata (2007) senam aerobik adalah serangkaian gerak yang dipilih secara sengaja dengan cara mengikuti irama musik yang dipilih sehingga melahirkan ketentuan ritmis, kontinuitas, dan jangka waktu tertentu. Senam ini merupakan gabungan antara rangkaian gerak dan music yang sengaja dibuat sehingga timbul keselarasan antara gerak dan musik untuk mencapai tujuan tertentu.


Aerobik dapat dilakukan secara individu di rumah atau secara beregu atau berkelompok di sanggar senam atau pusat kebugaran. Sebelum melakukan latihan ini, seseorang terlebih dahulu harus mengetahui ada tidaknya gangguan dalam tubuh yang akan memperberat jika melakukan senam aerobik.

Dalam melakukan suatu latihan, setiap individu memiliki kemampuan dan kondisi yang berbeda. Oleh karena itu, sebelum melakukan senam aerobik perlu diperhatikan hal-hal berikut ini.
  1. Derajat kesegaran jasmani
  2. Umur
  3. Jenis kelamin, yang meliputi:
    • daya tahan;
    • kekuatan otot;
    • kecepatan;
    • ketangkasan;
    • kecepatan reaksi.
  4. Status kesehatan
  5. Minat berlatih
  6. Waktu dan fasilitas
  7. Pemahaman musik
  8. Struktur konstruksi dan sistem tubuh manusia
Latihan aerobik yang dilakukan secara teratur dan penuh disiplin, serta sesuai dengan takaran yang pas dan ideal dapat memberi dampak positif terhadap kondisi jasmani seseorang. Berikut ini beberapa manfaat senam aerobik.
  1. Mengembangkan dasar-dasar motor abilities seperti kekuatan, kelentukan, kecepatan dan daya ledak, serta daya tahan.
  2. Mengembangkan koordinasi gerak dan kemampuan menyerasikan gerak dengan musik.
  3. Melatih jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah sehingga sistem organ tersebut dapat bekerja secara lebih efektif dan efisien.

Melatih kekuatan otot-otot tertentu sehingga otot-otot tersebut terlihat lebih kuat dan kencang. Isi latihan senam aerobik berupa gerakan tubuh dengan ciri-ciri gerakan tubuh dan daya yang digabung dengan irama musik. Berikut ini beberapa elemen dalam senam aerobik, yang digabungkan sehingga menghasilkan nilai estetika tinggi.

  1. Tendangan atau kicking.
  2. Keseimbangan atau balance.
  3. Kelentukan atau flexibility.
  4. Kekuatan dinamik atau dinamic strength.
  5. Kekuatan statik dan kelentukan atau static strength and flexibility.
Daftar Pustaka : Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Pengertian Senam Aerobik"

Posting Komentar